Perhubungan

Jokowi Resmikan Terminal Samarinda Seberang

  •   Khajjar Rohmah
  •   28 Februari 2024
  •   8:26pm
  •   Perhubungan
  •   587 kali dilihat

Samarinda – Hari pertama Kunjungan Kerja (Kunker) Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) ke Benua Etam, langsung diisi dengan peresmian Terminal Bus Tipe A Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) Samarinda Seberang.

Jadwal Kunker Jokowi di Kaltim memang direncanakan di tiga wilayah. Yakni Kota Samarinda, Kota Bontang, dan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. 

Jokowi mendarat di Bandara APT Pranoto Samarinda pada Rabu (28/2/2024) sore dan langsung menuju lokasi peresmian terminal di Jalan Bung Tomo Kelurahan Baqa Kecamatan Samarinda Seberang. 

Jokowi didampingi Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi pada peresmian Terminal Tipe A Samarinda Seberang. Revitalisasi terminal bus antar provinsi ini, dibangun di atas lahan seluas 6.682 meter persegi. Adapun luas bangunannya 3.600 meter persegi dan merupakan aset Direktorat Jenderal Hubungan Darat Kementerian Perhubungan. 

Dalam sambutannya, Jokowi menyebut pemerintah terus berupaya menghadirkan fasilitas transportasi umum yang memadai. Harapannya, adalah untuk mendorong masyarakat agar lebih menggunakan transportasi umum ketimbang kendaraan pribadi. Dengan demikian, persoalan kemacetan yang sering terjadi di kota-kota besar, dapat semakin dikurangi. 

"Di Jakarta, di Samarinda, dan di semua titik kota-kota besar permasalahannya sama. Kemacetan. Kita harus dorong penggunaan trasportasi umum biar macet berkurang," kata Jokowi saat peresmian Terminal Samarinda Seberang, Rabu (28/2/2024) sore. 

Orang nomor satu Republik Indonesia ini pun mengapresiasi revitalisasi pembangunan Terminal Samarinda Seberang yang akan melayani rute antar kota dan antar provinsi di Kalimantan. 

"Saya senang melihat pembangunan Terminal Samarinda Seberang ini. Dimana-mana, terminal itu terkesan kumuh, tidak tertata, dan banyak preman. Tapi ini saya lihat bersih, rapi, dan tertata," puji Jokowi.  

Peresmian Terminal Samarinda Seberang ditandai dengan penekanan tombol klakson dan penandatanganan prasasti oleh Presiden Jokowi. 

Turut mendampingi Jokowi dalam giat tersebut, Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Wiranto, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik, dan Wali Kota Samarinda, Andi Harun. (KRV/pt)