Perempuan

Siti Rokhayahna, Kartini Asal Samarinda Terima Penghargaan Dari Iriana Joko Widodo

  •   prabawati
  •   24 April 2022
  •   3:25pm
  •   Perempuan
  •   138 kali dilihat
  •  

Samarinda - Kartini asal Kota Samarinda, Siti Rokhayahna terpilih menjadi salah satu dari 10 perempuan di Provinsi Kalimantan Timur yang menerima penghargaan dari Iriana Joko Widodo dan Wury Ma’ruf Amin bersama Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE-KIM) pada Hari Kartini 21 April 2022.

Perempuan kelahiran Yogyakarta 6 Januari 1967 yang kini berusia 55 tahun terpilih sebagai penerima penghargaan karena pengabdiannya tanpa pamrih dalam bidang kesehatan.

Selama 6 tahun, perempuan yang menjabat sebagai Ketua Posyandu Turi Putih di RT 48 Bengkuring  Kelurahan Sempaja Timur, tidak hentinya terus memberikan penyuluhan gizi seimbang bagi anak dan balita agar terhindar dari stunting.

Siti mengatakan salah satu peran yang dinilai dapat membantu menangani stunting itu sendiri adalah peran posyandu.

Posyandu merupakan garda utama pelayanan kesehatan bayi dan balita di masyarakat. Sesuai dengan tujuan dibentuknya posyandu adalah untuk percepatan penurunan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB).

"PR kami masih banyak, maka dibutuhkan semangat para kader kesehatan untuk terus memperjuangkan anak dan balita agar tidak mengalami stunting,"sebutnya belum lama ini.

Posyandu yang dipimpinnya saat ini membawahi kurang lebih 100 bayi dan balita. Selain itu pihaknya juga melaksanakan pelayanan kesehatan bagi lanjut usia.

Untuk itu, Siti berkomitmen untuk terus melaksanakan berbagai program di Posyandu agar nantinya dapat mencetak generasi penerus bangsa yang berkualitas.

Dengan penghargaan yang diperolehnya Siti Rokhayahna merasa terharu dan bangga, karena dirinya perwakilan dari Samarinda yang terpilih menerima penghargaan bidang kesehatan dari Ibu Negara Iriana Widodo. (Prb/ty)