Perempuan

Sinergi Jadi Kunci Bangun Sistem Ramah, Ciptakan Pemberitaan Positif Terhadap Perempuan di Media

  •   resa septy
  •   14 Oktober 2021
  •   1:05pm
  •   Perempuan
  •   152 kali dilihat
  •  

Samarinda - Sinergitas antar Pemerintah pusat dan daerah beserta lembaga baik disektor pendidikan maupun penyiaran perlu dikuatkan. Pasalnya sinergi menjadi kunci untuk bersama membangun sistem yang ramah, wujudkan Indonesia maju dengan pemberdayaan pemberitaan positif terhadap perempuan di media.

Assisten Deputi Peningkatan Partisipasi Lembaga Profesi dan Dunia Usaha Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Eko Novi Ariyanti menyatakan hal tersebut dalam Keynote Speech nya mewakili Menteri PPPA RI, I Gusti Ayu Bintang Darmawati pada Webinar yang diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman Prodi Ilmu Komunikasi bekerjasama dengan KPID Kaltim dengan tema “Perempuan dan Media”, Kamis (14/10).

“Seharusnya bisa lebih dimanfaatkan untuk memberdayakan perempuan. Ketika kita berbicara pemberdayaan perempuan melalui media. Kita akan bicara kalau perempuan itu bisa berperan lebih. Jadi tidak hanya sebagai pendengar dan penikmat media,” kata Novi menegaskan.

Novi menilai hal tersebut perlu didorong oleh peran besar dari media penyiaran untuk menciptakan iklim pemberitaan positif terhadap perempuan. Diambilnya sebagai contoh ialah radio yang diharap bisa menggunakan kekuatan besarnya untuk lebih berperan dalam upaya pemberdayaan perempuan melalui konten siaran yang lebih berperspektif gender.

Sementara, Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Prov Kaltim bisa membantu radio lokal terutama radio yang peduli dengan pemberdayaan perempuan untuk melatih produser dan penyiar program terkait pengarusutamaan gender dalam program siarannya.

“Mari sinergi, karena sinergi ini menjadi kunci untuk mewujudkan Indonesia yang maju. Bersama-sama kita bangun sistem yang ramah bagi perempuan,” pungkasnya. (resa/pt)