Perempuan

Apresiasi Partisipasi Praktek Terbaik Penggiat Pemberdayaan Perempuan Benua Etam Lewat Parade Gender Kaltim 2022

  •   resa septy
  •   26 April 2022
  •   12:50pm
  •   Perempuan
  •   133 kali dilihat
  •  

Samarinda - Dinas Kependudukan, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKP3A) Provinsi Kalimantan Timur bersama Yayasan Konservasi Alam Nusantara Jakarta mengadakan Parade Gender Kalimantan Timur 2022, Kalimantan Timur Berdaulat dilaksanakan secara luring dan daring, Selasa (26/4).

Sebagai wujud apresiasi partisipasi praktek terbaik penggiat Pemberdayaan Perempuan di Benua Etam. Kegiatan ini menghadirkan 20 Gender Champion yang telah mendedikasikan hidupnya untuk beraksi dan berkarya dalam memberdayakan perempuan. Secara resmi dibuka oleh Sekretaris Daerah Prov Kaltim, Sri Wahyuni di Ruang Heart Of Borneo Lantai 2 Kantor Gubernur Kaltim.

Hadir dengan mengangkat dua tema, pertama berkenaan dengan peringatan hari Kartini yang jatuh pada tanggal 21 April 2022 lalu, yakni "Perempuan Dalam Pembangunan" dan tema kedua berkenaan dengan hari Bumi yang jatuh pada tanggal 22 April 2022 yaitu "Perempuan Dalam Pembangunan Hijau".

"Adanya ide untuk melaksanakan Parade Gender merupakan upaya untuk menampilkan potensi, komitmen dan kapasitas serta dedikasi yang telah dilakukan penggiat pemberdayaan perempuan yang lebih dikenal dengan Gender Champion," ujar Kepala DKP3A Kaltim, Noryani Sorayalita saat menyampaikan laporan.

Sekaligus menjawab tantangan mengingat belum adanya upaya untuk menampilkan partisipasi dalam praktek terbaik penggiat pemberdayaan perempuan di Kalimantan Timur.

Tujuannya ialah untuk menyampaikan perkembangan implementasi pengarusutamaan gender khususnya oleh perguruan tinggi dan organisasi masyarakat di Provinsi Kalimantan Timur, identifikasi tantangan dan peluang pengarusutamaan gender dalam kerangka pembangunan hijau di Kalimantan Timur, identifikasi tematik peran strategis para pihak dalam pengarusutamaan gender dalam pembangunan hijau, dan memformulasikan langkah-langkah strategis yang bisa dilakukan para pihak terkait pengarusutamaan gender yang lebih baik,tambahnya.

"Saya ucapkan selamat kepada pembicara pada Parade Gender Kalimantan Timur Tahun 2022 yang berasal dari seluruh kabupaten/kota. Praktek baik yang didedikasikan selama ini membuktikan bahwa perempuan selain sebagai pelaku pembangunan juga sebagai pelopor dan inspirator bagi lingkungan sekitar. Terima kasih atas partisipasinya dalam pembangunan selama ini. Kalimantan Timur bangga atas praktek terbaik yang telah diberikan," tuturnya penuh rasa bangga.

Di akhir kesempatan, Ia berharap dengan dilaksanakannya Parade Gender Kalimantan Timur 2022 sedari ini dapat memberi manfaat untuk pembangunan pemberdayaan perempuan menuju kesetaraan gender di Kalimantan Timur. (resa/pt)