Penghargaan

Utari Octavianty Juara I Di Bidang Inovasi Teknologi

  •   pipito
  •   28 Oktober 2021
  •   8:52am
  •   Penghargaan
  •   523 kali dilihat

Jakarta- Utari Octavianty Pemuda asal Provinsi Kalimantan Timur keluar sebagai Juara I di Bidang Inovasi Teknologi pada Ajang Pemilihan Pemuda Pelopor Tingkat Nasional yang dilaksanakan oleh  Kementerian Pemuda dan Olahraga

Melalui seleksi ketat mulai dari tingkat Kota, dalam rangka peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-93, Utari terpilih sebagai Juara 1 Pemuda Pelopor Nasional Bidang Inovasi Teknologi mewakili Kalimantan Timur, beleum lama ini.

Berawal di tahun 2016 yang lalu, Utari Octavianty warga Kota Balikpapan, tepatnya di Kampung Baru yang merupakan mengajak Farid Naufal Aslam dan Indraka Fadhillah untuk mengembangkan Aplikasi untuk para Nelayan, tutur Utari Octavianty.

Ide sederhana ini muncul di benak Pemuda Lulusan Telkom University dan terlahir dari keluarga yang berprofesi Nelayan. Tujuannya agar masyarakat memperoleh ikan segar langsung dari Nelayan dan memotong para Ijon dan Tengkulak.

Siapa sangka, ide sederahanyanya itu kini memiliki dampak yang sangat luar biasa bagi para Nelayan yang tergabung dalam Start Up ciptaannya bernama “Aruna”.

Aruna tidak hanya menciptakan inovasi dalam bentuk teknologi, tapi juga ekosistem. Sebagai sebuah Start Up di Bidang Perikanan yang merevolusi ekosistem perdagangan hasil laut dengan teknologi yang dipelopori oleh Utari.

Dengan menciptakan ekosistem, aplikasi “Aruna” bisa meningkatkan permintaan pasar akan Seafood, yang berujung pada kenaikan harga jual bagi nelayan sehingga meningkatkan pendapatan mereka.

Hal ini sejalan dengan keikutsertaan Utari sebagai Pemuda Pelopor bidang Inovasi Teknologi.

Pemerintah Provinsi Kaltim melalui Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Agus Tianur menyampaikan apresiasi dan ucapan selamat atas apa yang dicapai Utari.

“Tepatnya Hari ini (Kamis, 28 Oktober 2021), saat Upacara Puncak Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-93 , Pemprov Kaltim akan memberikan apresiasi berupa uang pembinaan kepada 12 pemuda Kaltim yang luar biasa, termasuk Utari," beber Agus Tianur.

Dijelaskan Provinsi Kaltim sendiri sebenarnya meloloskan 5 (lima) wakil di 5 (lima) Bidang Kepoloporan pada Pemilihan Pemuda Pelopor Nasional tahun ini. Dalam prosesnya 5 (lima) peserta lolos hingga tahap administrasi dan fact finding, namun hanya 2 (dua)yang berhasil lolos tahap penjurian akhir, hingga akhirnya Utari ditetapkan sebagai pemenang.

Diketahui, Pemuda Pelopor diikuti oleh perwakilan dari 23 Propinsi. Peserta yang lolos adminitrasi dilanjutkan ke tahap Fact Finding untuk menuju Penjurian Nasional.

 Adapun kepeloporan yang dilombakan ada di 5 (lima) bidang, yaitu bidang pendidikan; bidang agama, sosial, budaya; bidang pangan; bidang SDA, lingkungan dan pariwisata; bidang inovasi teknologi. Adapun peserta kegiatan ini yang sudah terseleksi dan mewakili daerah masing-masing sebanyak 48 peserta. (disporakaltim/pt)