Penghargaan

Serahkan Anugerah PROPER Tahun 2021, Wapres RI Minta Perusahaan Terus Jaga dan Tingkatkan Prestasi

  •   resa septy
  •   29 Desember 2021
  •   12:08pm
  •   Penghargaan
  •   188 kali dilihat

Jakarta – Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma’ruf Amin meminta kepada seluruh perusahaan di Bumi Pertiwi untuk terus menjaga dan meningkatkan prestasi, terutama kaitannya dalam pengelolaan lingkungan hidup dan pemberdayaan masyarakat di lingkungan sekitarnya.

Permintaan tersebut diutarakannya usai menyerahkan penghargaan Anugerah Lingkungan Program Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (PROPER) Tahun 2021 yang diinisiasi oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, di Istana Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Selatan Jakarta, Selasa (28/12).

“Saya berharap prestasi ini terus dijaga dan ditingkatkan. Jika ada perusahaan yang mendapatkan peringkat merah, saya minta untuk bekerja keras dan mengejar ketertinggalannya. Hingga dapat memenuhi standar lingkungan sebagaimana tertuang dalam berbagai peraturan pemerintah,” ucap Wapres RI Ma’ruf Amin.

Tak lupa, orang nomor dua di Indonesia ini juga menyampaikan apresiasinya kepada seluruh jajaran KLHK yang konsisten menyelenggarakan PROPER pada setiap tahunnya.

Diungkapkannya selama 24 tahun, PROPER telah berkembang menjadi platform bagi dunia usaha untuk melakukan praktik bisnis yang berkelanjutan dengan menerapkan prinsip ekonomi hijau. PROPER telah bertransformasi dari kriteria sederhana yaitu penilaian pengendalian pencemaran air dan kemudian berkembang menjadi kriteria yang mengusung perbaikan berkelanjutan. Hingga sekarang mencakup kriteria daya tanggap terhadap kebencanaan.

Berbagai kriteria tersebut diharapkannya menjadi indikator bagi perusahaan untuk berpartisipasi dalam pembangunan lingkungan yang berkelanjutan. Bukan hanya berfokus pada pencapaian profit. Dunia usaha juga harus memperhatikan lingkungan sekitarnya, baik lingkungan fisik, non fisik maupun lingkungan sosial. (resa/pt)