Penghargaan

Gubernur Apresiasi Pemenang Desa Digital

  •   teguh p
  •   28 Oktober 2021
  •   9:59am
  •   Penghargaan
  •   175 kali dilihat

Penajam - Pemenang Lomba Desa Digital Tingkat Provinsi Kaltim 2021 telah ditetapkan. Tim penilai menetapkan Tiga desa terbaik menjadi juara, yakni Juara I oleh Desa Tengin Baru,  Sepaku (Penajam Paser Utara), Juara II Desa Loa Duri Ilir, Loa Janan (Kutai Kartanegara), Juara III Kampung Labanan Makmur, Teluk Bayur (Berau).

"Bersyukur desa diberikan penghargaan. Meskipun nilainya tidak seberapa diharap bermanfaat sebagai pelecut meningkatkan kesadaran pentingnya menuju desa digital, " ujar Gubernur Isran saat menyerahkan hadiah Lomba Desa Digital, di Balai Benih Udang Tanjung Tengah Petung, Penajam Paser Utara,  belum lama ini.

Penyerahan penghargaan Juara 1 lomba tersebut langsung dilakukan Gubernur Kaltim, Isran Noor didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim, M Syirajudin kepada kepala desa penerima penghargaan pada rangkaian kunjungan kerja Gubernur Kaltim Isran Noor ke Kutai Kartanegara dan Wilayah Selatan Kaltim, 14-16 Oktober 2021.

Lomba Desa Digital memperebutkan total hadiah sebesar Rp.12.000.000,- untuk tiga pemenang masing-masing Rp.5.000.000,- Rp.4.000.000,- dan Rp.3.000.000,- untuk juara satu sampai tiga .

 “Ini Lomba Desa Digital penyelenggaraan pertama. Membantu mewujudkaan desa berjejaring sebagai salah satu target SDGs Desa, yakni target ke 17 kemitraan untuk pembangunan desa,” katanya.

Kriteria peserta mulai dari desa yang memiliki website resmi desa dan masih aktif, konten website memuat tentang informasi di desa (seperti profil pemerintahan, profil desa, potensi desa, dan publikasi lainnya) dan desa yang memiliki media sosial dan aktif sebagai sarana penyebaran informasi kegiatan desa.

Kemudian desa yang memiliki rencana massif dalam mewujudkan digitalisasi desa melalui perencanaan, penganggaran, kebijakan  dan faktor penunjang lainnya.

“Selamat bagi yang berhasil menjadi juara. Lomba bertujuan mewujudkan Desa Digital di Kaltim untuk mendukung pencapaian SDGs Desa. Tujuannya akhir tentu untuk meningkatkan keberdayaan dan kesejahteraan masyarakat,” tutupnya. (tp/pt)