Penghargaan

Apresiasi Penerapan ETPD Kabupaten/Kota, Bankaltimtara Akan Berikan “Digital Transformation Awards” Pada HUT Kaltim Ke-65

  •   resa septy
  •   8 Januari 2022
  •   9:02am
  •   Penghargaan
  •   320 kali dilihat

Samarinda – Apresiasi terhadap capaian penerapan Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD) dalam percepatan ekonomi dan keuangan digital, Bankaltimtara akan memberikan penganugerahan “Bankaltimtara Digital Transformation Awards” kepada kabupaten/kota. Penyerahannya akan diberikan saat Puncak HUT Kaltim 65 mendatang.

Direktur Bisnis dan Syariah Bankaltimtara, Hairuzzaman mengatakan penghargaan tersebut diberikan kepada Kabupaten/Kota di wilayah Kalimantan Timur berdasarkan perkembangan pencapaian ETPD periode tahun 2021.

“Penentuan pemenang penghargaan Bankaltimtara Digital Transformation Award sendiri didasarkan atas Implementasi Penggunaan Modul Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD) yang sangat bagus dan terlengkap, meliputi penerimaan pajak dan retribusi daerah pada berbagai ekosistem diantaranya Pasar Tradisional, Pariwisata, Kesehatan, Transportasi hingga inovasi-inovasi yang dilakukan Pemerintah daerah bersama Bankaltimtara,” kata Hairuzzaman menjelaskan saat ditemui di Kantor Bankaltimtara Prioritas Samarinda, Kamis (6/1).

Pria kelahiran kota Balikpapan tersebut kemudian menyebutkan diadakannya penganugerahan ini ialah sebagai upaya untuk dapat mendorong sinergitas seluruh pemerintah Kabupaten/Kota di Kalimantan Timur. Dari integrasi inilah yang kemudian akan memberikan manfaat dan mempermudah masyarakat dalam melakukan pembayaran pajak dan retribusi daerah.

“Jadi kita selama ini ingin mengembangkan cashless dalam rangka transaksi digital banking sesuai imbauan pemerintah. Seluruh pemerintah kabupaten/kota pun dalam hal ini diharapkan melakukan transaksi-transaksi kegiatan elektronifikasinya itu secara online dan diterapkan di dalam pemerintahannya,” tambahnya melengkapi.

Lebih lanjut, Alumnus Sekolah Staf dan Pimpinan Bank (SESPIBANK) LPPI Jakarta ini mengungkapkan penghargaan yang diberikan pihaknya bersama Pemprov Kaltim pada 10 Januari di Kantor Gubernur nantinya ialah berupa plakat dan piagam kepada kabupaten/kota yang berhasil ditetapkan menjadi pemenang.

“Melalui penghargaan ini selanjutnya kolaborasi Pemerintah Daerah bersama Bankaltimtara dengan dukungan dari Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan diharap tetap bersinergi untuk melakukan percepatan elektronifikasi transaksi keuangan Pemda. Masyarakat juga dapat memanfaatkan kemudahan-kemudahan dalam memenuhi kewajiban pembayaran pajak dan retribusi daerah. Serta Pendapatan Asli Daerah (PAD) semakin meningkat, sehingga pembangunan di daerah semakin berkembang,” tutupnya. (resa/pt)