Pendidikan

Seminar Nasional, Bangkitkan Semangat Belajar Tentang Dunia AI Lebih Dalam

  •   Rizky Yusuf
  •   13 November 2023
  •   3:04pm
  •   Pendidikan
  •   502 kali dilihat

Samarinda - Dalam upaya membangkitkan semangat belajar dan berkarya bagi siswa dan mahasiswa, Fakultas Teknik Program Studi Informatika Universitas Mulawarman menggelar Grand Opening & Seminar Nasional Association Of Informatics dengan mengangkat tema "Memaksimalkan Teknologi Artificial Intelligence (AI) di Lingkup Keilmuwan", bertempat di Gedung Masjaya Ruang Teater UnmulSenin,(13/11/2023).

Kegiatan menghadirkan pemateri diantaranya Principal Technology Solutions Alvin Pryana, Dosen Program Studi Informatika Universitas Mulawarman, Prof. Dr Ir Hamdani dimoderatori Ir. Norvianti Puspitasari yang juga Dosen Program Studi Informatika Unmul.

Perkembangan AI masih menjadi tema penting yang dibahas para akademisi maupun praktisi di berbagai forum seminar dan diskusi. Mengawali Acara Ketua Program Studi (Kaprodi) Informatika Fakultas Teknik Unmul Indah Fitri Astuti menuturkan, kegiatan seminar nasional tersebut memang dilaksanakan rutin setiap tahun.

Indah mengharapkan seminar-seminar seperti ini akan memberikan tambahan pengetahuan yang tidak didapatkan dibangku kuliah reguler.

Kemudian, ia juga menyampaikan bahwa pihaknya adalah program studi yang sangat menjaga hubungan baik dengan dunia industri.

"Karena sadar bahwa kita tidak bisa berjalan sendirian, tetapi juga harus bekerja sama dengan dunia industri dan juga Pemerintah,"jelas Indah.

Ketua Prodi membeberkan kampus Fakultas Teknik Prodi Informatika sendiri sudah menggunakan ORACLE dikurikulumnya di mata kuliah terutama basis data, basis data lanjut, pemrograman java serta manajemen proyek TI.

Ia juga merasa bersyukur bahwa program studi Informatika beberapa waktu yang lalu itu menyapu bersih ya juara di Hackathon 4.0 di Samarinda.

 "Hal itu merupakan hal yang tidak disangka-sangka. Karena, mungkin targetnya satu atau dua juara, tapi ternyata banyak semuanya,"tuturnya.

Kemudian sebentar lagi Prodi Informatika juga akan mengikuti Hackathon yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara. Kemudian, juga alhamdulillah meraih peringkat kedua produk terbaik se Univerisitas Mulawarman dari 90 an Prodi di Unmul. 

"Prestasi ini tentu tidak lepas dari kerja sama semua pihak, jadi bukan hanya dari dosen tapi juga dukungan dari Pemerintah dan rekan rekan sebagai urat nadi Program Studi,"tutupnya sekaligus membuka acara.

Turut hadir Pranata Komputer Ahli Muda, Dinas Komunikasi dan Informatika Kalimantan Timur Fahmi Asa. (rey/pt)