Pendidikan

Rektor Harap UNMUL Terus Berpartisipasi Dalam Program OICCA

  •   prabawati
  •   10 Juli 2023
  •   7:07pm
  •   Pendidikan
  •   506 kali dilihat

 Samarinda - Rektor Universitas Mulawarman H Abdunnur menyambut baik kedatangan Delegasi Organization Islamic Cooperation Culture Activity (OICCA), di Gedung Rektorat Unmul, Senin (10/7).

Rombongan tersebut dihadiri langsung Advisor To The Minister Of Youth and Sports RI Hasintya Larasati, serta koordinator OICCA.

Kehadiran delegasi dari negara-negara OIC, atau juga dikenal sebagai Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) merupakan hasil dari dipercayanya DKI Jakarta dan Kalimantan Timur sebagai Tuan Rumah OIC Cultural Activity 2023.

Penyelenggaraan OIC Cultural Activity di UNMUL tentu menjadi sebuah kebanggaan tersendiri. Hal tersebut diutarakan Rektor Unmul, saat di konfirmasi.

"Kami mengucapkan banyak terima kasih dan semoga delegasi dan peserta dapat memberikan pengalaman pembelajaran yang baik untuk semuanya,"tuturnya.

Selain itu, pihaknya ingin melakukan simulasi dengan model diplomatik untuk peningkatan pengetahuan, skill, keterampilan tentang islam, budaya, dan kesenian di Indonesia. Terutama di Kaltim dan Samarinda.

Menurutnya, setiap daerah tentu memiliki kearifan lokal/budaya lokal, sama seperti kaltim yang memiliki kepercayaan lokal bahwa siapapun yang datang kesini dan meminum air dari sungai Mahakam pastilah akan kembali lagi kesini suatu hari nanti.

Tak hanya itu, ini pun menjadi pengalaman langka bagi mahasiswa UNMUL yang bisa bertemu dengan peserta dan delegasi OICCA dan turut mengikuti rangkaian agendanya.

"Tentunya, kami memperoleh manfaat yang sama dengan saling berinteraksi dengan sesame partisipan OICCA,"ungkapnya.

Kedepannya Indonesia, khususnya Kaltim dan terkhususnya UNMUL dapat terus berpartisipasi dalam program OICCA ini di tahun-tahun mendatang.

"Semoga betah ya disini semuanya dan bisa memperoleh pengetahuan dan merasakan pengalaman tentang kebudayaan dan ciri khas serta kearifan lokal di Indonesia terutama di Kaltim,"tegasnya.

Dirinya pun meminta kepada Delegasi OICCA menyebarkan informasi yang didapatkan agar negara lain tau begitu indahnya Indonesia. (Prb/ty).