Pendidikan

Pesantren Ramadhan Di Sekolah Kreatif SD Muhammadiyah 3

  •   Hendra Saputra
  •   5 April 2022
  •   2:22pm
  •   Pendidikan
  •   1425 kali dilihat
  •  

SAMARINDA - Bulan suci Ramadhan merupakan bulan penuh hikmah dan bulan penuh pengampunan. Oleh karena itu, momentum tersebut harus dimanfaatkan untuk meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT, salah satunya melalui pesantren kilat dibulan Ramadhan yang dilaksanakan oleh Sekolah Kreatif SD Muhammadiyah 3 Samarinda.

Ansar HS selaku Kepala Sekolah Kreatif SD Muhammadiyah 3 menyampaikan Pesantrean Kilat yang diadakan oleh Sekolah Kreatif SD Mummadiyah 3 Samarinda Seberang bertujuan untuk kembali mereview pelajaran - pelajaran yang sudah pernah diberikan oleh sekolah dan pesantren kali ini lebih kepada kegiatan ramadhan, agar anak- anak ini bisa memahami arti puasa yang baik dan benar dalam menjalankan ibadah-ibadah yang ada di bulan Ramadhan.

“Adapun tujuan kita mengadakan pesantren selama satu minggu ini agar anak - anak  murid kita bisa menjalankan ibadah puasa dan menjalankan kegiatan Ramadhan didalamnya dengan baik dan benar yang sesuai tuntunan Nabi Muhammad SAW,” ucapnya saat ditemui, Selasa (5/4).

Ansar menjelaskan adapun materi yang dibahas didalam kegiatan Pesantren kilat Ramadhan selama satu minggu ini yaitu Sholat Dhuha, Muroja'ah, Asmaul Husna dan Do'a Pilihan, Ngaji Morning, Bab Wudhu, Tayamum, Istinja, Bab Sholat dan Bacaan Sholat, Bab Puasa, Bab zakat, infaq, Shodaqah, Bab Sholat Gerhana, Istisqa dan Tarawih.

Salah seorang Guru atau Ustazah, Wiwik Kurniasih menyampaikan materi ceramah yang poin isinya mengenai pengertian sholat, syarat wajib dan syah shalat, rukun shalat dan Sunnah Shalat yang dijelaskannya kepada murid SD Muhammadiyah 3.

Shalat merupakan Ibadah yang pertama kali yang bakal dihisab diakhirat nanti. Ibadah shalat sudah ada tuntunannya dari Rasullulah SAW, baik dari segi gerakan maupun bacaannya, ungkap Wiwik. (hend/pt)