Pendidikan

PAUD Bantu Proses Perkembangan Anak Lebih Optimal

  •   Nichita Heryananda Putri
  •   24 Januari 2022
  •   11:41am
  •   Pendidikan
  •   221 kali dilihat
  •  

Samarinda- Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dapat membantu proses perkembangan anak lebih optimal. Beragam manfaat yang bisa didapat oleh anak yang mengikuti PAUD yaitu belajar bersosialisasi dengan teman sebayanya, mengelola stres dan menyelesaikan masalah.

Dosen Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD) Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Kaltim, Heppy Liana menjelaskan pada usia 0-5 tahun merupakan masa keemasan (golden age). Pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi akan menjadi pondasi bagi anak tersebut di kemudian hari.

“Inilah kenapa anak disarankan untuk PAUD sebelum masuk Sekolah Dasar. Karena di PAUD sudah disesuaikan dengan rencana tumbuh kembang anak untuk meningkatkan perkembangan gerak, intelektual, sosial dan emosional secara optimal yang tidak didapat di rumah,” jelasnya.

Lebih jauh Bunda Heppy (sapaan akrab) menuturkan, PAUD sebagai upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak baru lahir hingga 6 (enam) tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.

“Anak yang sebelumnya mendapatkan pendidikan di PAUD seringkali memiliki kemampuan untuk komunikasi lebih baik saat sekolah. Hal ini dikarenakan ia sudah terbiasa untuk bermain, belajar, hingga makan bersama dengan teman yang memiliki usia sebaya,” tutur pemilik Anak Kita Preschool ini.

Meski begitu, Bunda Heppy menekankan 75 persen perkembangan otak anak terjadi sebelum usia 3 (tiga) tahun. Karenanya, pengenalan kegiatan, sikap dan sifat positif dan pembentukan karakter akan menentukan perilaku anak, sambungnya.

“Setiap anak itu unik. Anak akan tumbuh, berkembang dan belajar dengan kecepatannya yang berbeda dengan anak seusianya. Otak akan membentuk perilaku. Anak adalah peniru ulung. Pembentukan perilaku anak dari rumah dan dukungan dari lingkungan PAUD akan membantu tumbuh kembang anak semakin optimal,” imbuhnya. (cht/pt)