Pendidikan

Beasiswa Kaltim 2022 Resmi Dibuka, Teliti Sebelum Mendaftar

  •   Nichita Heryananda Putri
  •   22 Maret 2022
  •   1:49pm
  •   Pendidikan
  •   3431 kali dilihat
  •  

 

Samarinda- Beasiswa Kaltim tahun 2022 telah resmi dibuka setelah mengalami penundaan pengumuman. Waktu pendaftaran telah dimulai 22 Maret hingga 21 Mei mendatang.

Kepala Badan Pengelola Beasiswa Kaltim Iman Hidayat menyebutkan pada tahun ini Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Murni yang digelontorkan sebanyak Rp. 156.402.500.000.

Karenanya, meski kuota pasti tidak disebutkan namun peluang bagi pelajar maupun mahasiswa Kaltim cukup besar. Asalkan, calon pendaftar harus benar-benar teliti membaca Petunjuk Teknis (Juknis) sebelum mendaftar.

“Alhamdulillah tahun ini Beasiswa resmi dibuka dengan APBD Murni yang besar dibanding tahun sebelumnya. Kesempatan besar bagi putra-putri Kaltim, tapi jangan lupa harus teliti membaca juknis sebelum mengisi persyaratan dan mengupload dokumen pendaftaran,” jelas Iman saat pembukaan beasiswa Kaltim 2022 di ruang Kersik Luway Dinas Pendidikan Prov Kaltim, Selasa (22/3/2022).

Pada tahun ini, kategori penerima beasiswa masih sama yakni Beasiswa Kaltim Tuntas bagi Mahasiswa dan Beasiswa Kaltim Stimulan untuk pelajar dan mahasiswa, tambahnya.

Untuk Kaltim Tuntas sendiri, ia menjelaskan nantinya terbagi 3 (tiga) kategori yaitu umum prestasi akademik dan umum non akademik (miskin, berkebutuhan khusus, 3T, anak cucu veteran, anak korban KDRT, hafidz/hafidzah dan pertimbangan khusus. Selain itu ada kategori kerjasama dengan kampus luar daerah, urai Iman.

“Kita sangat perhatian akan kebutuhan seluruh anak Kaltim tanpa terkecuali termasuk yang berkebutuhan khusus. Contohnya, disini tidak ada prodi itu, tapi kita butuh. Nah kebutuhan pengajar anak berkebutuhan khusus disekolahkan di daerah yang memiliki program studi tersebut. Inilah program kerjasama,” terangnya.

 

Iman menegaskan, tahun ini ada sedikit perubahan formula untuk memberikan peluang yang lebih besar kepada mahasiswa. Penyederhaan berkas yang dipersyaratkan juga dilakukan. Surat pernyataan menerima beasiswa dari tempat lain dan surat pernyataan bersedia menyelesaikan studi akan dijadikan dalam satu surat pernyataan.

“Untuk itu kita harapkan mahasiswa dapat memilih salah satu kategori yang ada. Termasuk bila calon pendaftar adalah korban Covid-19 apa tidak. Jika tidak nanti langsung mengisi seperti pendaftaran umumnya,” ucap Iman.

Lebih lanjut dijelaskan, untuk alih jenjang, pindah program studi atau pindah PT hanya diberikan kesempatan untuk mendaftar pada kategori Beasiswa Stimulan. Sementara itu ketentuan daerah 3T mengacu ketetapan dari Kemendagri

Bagi pendaftar luar negeri berkasnya diwajibkan untuk diterjemahkan ke Bahasa Indonesia oleh lembaga penerjemah yang bersertifikat.

Untuk pendaftar Hafidz dan Hafidzah berkasnya diwajibkan untuk diterjemahkan ke bahasa Indonesia. Sedangkan bagi mahasiswa anak korban Covid-19 dapat menambahkan persyaratan khusus yakni surat keterangan korban Covid dari Dinas Sosial Kab/Kota setempat, tambah Iman.

Teknis pembayaran Beasiswa Kaltim Tuntas, diberikan khusus sebesar Uang Kuliah Tunggal (UKT) dikalikan sisa semester. Namun, hanya bisa diambil untuk 2 (dua) semester. Sedangkan Beasiswa Stimulan diberikan tahunan. Jika ingin mendapatkan kembali maka harus daftar lagi tahun depan. Dilihat dari IPK dan akreditasi kampus.

Untuk link pendaftaran Beasiswa Kaltim 2022 dapat mengakses https://beasiswa.kaltimprov.go.id/ (cht/pt)