Pendidikan

Anwar Sanusi Sebut Sekolah Harus Siapkan Masker 50 Persen dari Jumlah Siswa

  •   Nichita Heryananda Putri
  •   6 Januari 2022
  •   9:50pm
  •   Pendidikan
  •   180 kali dilihat
  •  

Samarinda - Pertemuan Tatap Muka (PTM) seratus persen telah dilaksanakan oleh SMA, SMK dan SLB se-Kaltim mulai 4 Januari kemarin sesuai arahan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Prov Kaltim.

Kepala Disdikbud Kaltim, Anwar Sanusi menyebutkan PTM mengacu pada surat keputusan bersama (SKB) 4 menteri dan tentunya terus memperketat Protokol Kesehatan (Prokes) selama kegiatan belajar mengajar berlangsung. Karena itu, pihaknya memberikan arahan kepada setiap sekolah agar menyediakan masker 50 persen setiap harinya dari jumlah siswa yang ada, pesannya seraya mengimbau.

“Untuk tetap menjaga prokes, kami pantau di sekolah dari penyediaan tempat cuci tangan di pintu masuk sampai penggunaan masker tiap siswa. Jamin gak maskernya gak diganggu temennya yang lain? Pasti ada. Makanya kami minta tolong sekolah menyediakan 50 persen masker setiap harinya dari jumlah murid. Jadi kalau sewaktu-waktu hilang sekolah sudah menyediakan,” jelas Anwar pada program dialog Halo Kaltim RRI Samarinda, Kamis (6/1/2021).

Menurutnya, karena ini masih tahapan uji coba, sekolah harus menyampaikan laporan setiap hari yang sudah dikirim formatnya dari Dinas Pendidikan. Sekolah dilarang merekayasa laporan, harus memberikan keterangan sesungguhnya yang terjadi di lapangan.

“Dinas kesehatan sudah berusaha semaksimal dengan menggerakkan masyarakat untuk vaksin dan jaga prokes. Semua yang berkumpul memang beresiko, termasuk di sekolah. Makanya diharapkan vaksinasi tetap jalan kemudian prokes terus ditingkatkan. Kita harap PTM bisa berjalan dengan sesuai rencana yang sudah kita harapkan,” ucap Anwar. (cht/pt)