Pendidikan

8 Tim Verifikator Teliti Periksa Berkas Calon Penerima BKT

  •   Teguh Prasetyo
  •   22 Maret 2022
  •   3:58pm
  •   Pendidikan
  •   136 kali dilihat
  •  

Samarinda - Beasiswa Kalimantan Timur (BKT) telah dibuka mulai hari ini, 22 Maret hingga 21 Mei 2022 mendatang. Ini merupakan misi Kalimantan Timur Berdaulat 2023 untuk mewujudkan kualitas sumber daya manusia Kalimantan Timur yang mandiri, berdaya saing tinggi dan berakhlak mulia.

Badan Pengelola Beasiswa Kalimantan Timur (BP - BKT) selalu memberikan yang terbaik bagi calon penerima beasiswa.

Sebanyak 8 (delapan) orang sebagai Tim Verifikator, dengan tugas memverifikasi ribuan data calon penerima yang masuk ke server. Kemudian, Tim Verifikator tersebut melakukan verifikasi lembar per lembar untuk memastikan data yang diberikan valid.

"Banyak calon penerima BKT manipulasi berkas, tapi kami memiliki Tim untuk menseleksi semua berkas yang diupload," tutur Ketua BP BKT, Iman Hidayat, Selasa (23/3/2022) di Ruang Kersik Luway Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kaltim Jalan Basuki Rahmat No. 5 Samarinda.

Faisal Erlangga salah satu Tim Verifikator BKT mengungkapkan kerjasama dan ketelitian dibutuhkan dalam memverifikasi data calon penerima BKT.

Tahun sebelumnya 2021 terdata sebanyak 106.496 pendaftar, setelah mendaftar dan upload berkas kemudian kerja Tim verifikator memverivikasi berkas yang masuk, tuturnya.

"Untuk Nomer Induk Kependudukan (NIK) kami kerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Samarinda jadi NIK yang bukan Kaltim akan otomatis terdiskualifikasi," bebernya menguraikan.

Selain NIK, materai juga menjadi salah satu faktor pendukung diterimanya berkas oleh Tim Verifikator.

"Pada tahun 2021 calon penerima diminta untuk menandatangani 2 (dua) Surat Pernyataan, namun banyak calon penerima menggunakan 1 (satu) materai untuk 2 (dua) surat pernyataan, tapi meraka tidak ingat di materai itu ada nomer seri yang tidak mungkin sama," imbuh Faisal.

Oleh karena itu Ketua BP - BKT menekankan kepada calon penerima beasiswa di tahun 2022 agar dapat membaca petunjuk teknis dengan teliti, ikuti alur pendaftaran dan patuhi syarat umum, imbaunya seraya mengingatkan. (tp/pt)