Pemuda

Sri Wahyuni : Membangun Kaltim dengan Membangun Pemuda

  •   Teguh Prasetyo
  •   16 Desember 2022
  •   5:40pm
  •   Pemuda
  •   655 kali dilihat

Samarinda - Sekretaris Daerah Provinsi Kaltim, Sri Wahyuni menghadiri Capacity Building Strategi Peningkatan Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) bagi stakeholder kepemudaan dan organisasi kepemudaan. Kegiatan yang digelar Kementrian Pemuda dan Olahraga bertempat di Teras Pool Hotel Aston Samarinda, Jumat (16/12/2022).

Kegiatan ini khusus untuk meningkatkan kapasitas kemudian, pembangunan pemuda dan juga bersinergi dengan rencana aksi nasional dan internasional. Serta dalam rangka optimalisasi pembahasan IPP dan Perpres Nomor 43 tahun 2022 tentang koordinasi lintas sektor Penyelenggaraan Pelayanan Kepemudaan sebagai turunan dari UU No 40 tahun 2009 tentang kepemudaan.

"Anak muda Kaltim harus menjadi pemain, pemain yang mempunyai daya saing," tegasnya mengawali sambutan. 

Adapun Peningkatan yang cukup signifikan pada IPP Tahun 2021 berdasarkan hasil exercise sementara sebesar 2,33 poin dari tahun 2020 sebesar 51,00. Peningkatan terjadi pada domain Kesehatan dan kesejahteraan (5 Poin) serta Domain Gender dan Diskriminasi (10 Poin).

Sri Wahyuni menggarisbawahi kegiatan ini, Kaltim sebagai mitra strategis IKN juga ikut memberikan sumbangsih didalam pengembangan SDM melalui pemudanya. 

Sementara, sambungnya Kementrian Pemuda dan Olahraga berharap dengan adanya Indeks Pembangunan Pemuda ini akan menjadi pilar untuk pengembangan program-program pemberdayaan pemuda kedepan.

Jangan sampai peluang strategis ini tidak dimanfaatkan oleh pemuda Kaltim. Sri berharap Dinas Pemuda dan Olahraga Kaltim membuat masterplan guna memotret SDM Kaltim sektor pemuda capaiannya sudah sampai dimana dari segi kemampuan serta potensi. 

Hadir membersamai pada kegiatan ini Plh Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Esa Sukmawijaya dan Asisten Deputi Peningkatan Iptek dan Imtaq Pemuda Amar Ahmad didampingi Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kaltim Agus Tianur serta para peserta. (tp/pt)