Pemuda

Rangga Nuke Leonardo dan Nur Fadia Aguspika Wakili Kaltim di PASKIBRAKA Nasional

  •   Teguh Prasetyo
  •   23 Mei 2023
  •   8:47pm
  •   Pemuda
  •   571 kali dilihat

Samarinda - Rangga Nuke Leonardo asal Kota Balikpapan dan Nur Fadia Aguspika asal Kota Bontang, berhasil lolos sebagai Wakil Kalimantan Timur di Paskibraka Tingkat Nasional.

Hasil tersebut berdasarkan seleksi yang terdiri oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Korem 091 Aji Surya Natakesuma, Polresta Samarinda, Himpunan Psikologi Indonesia Kaltim, Badan Kesbangpol Kaltim, serta Rumah Sakit AW Syahranie.

Kedua putra dan putri kebanggan Kaltim ini mengikuti tahapan seleksi yang telah ditetapkan berdasarkan peraturan tersebut.

Adapun seleksi yang telah dilakui diantaranya Tes Intelegensia Umum, Pancasila dan Wawasan Kebangsaan, Kesehatan, Samapta, Baris Berbaris, Seleksi Kepribadian (Psikotes, wawancara Penelusuran Minat, Bakat, Penelusuran Rekam Jejak di Media Sosial) dan Administrasi.

Seleksi Paskibraka tahun ini di Provinsi Kalimantan Timur mengacu pada Peraturan Presiden Nomor 51 Tahun 2022 dan Peraturan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Nomor 3 Tahun 2022 Tentang Pembinaan Ideologi Pancasila pada Generasi Muda Melalui Program Pasukan Pengibar Bendera.

Setelah dibuka Gubernur Kaltim yang diwakili Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora), Agus Hari Kesuma (AHK) sebanyak 40 orang yang berasal dari 10 Kabupaten dan Kota se Kaltim mengikuti seleksi tersebut.

"Siapapun yang terpilih adalah berdasarkan hasil seleksi yang telah dilakukan secara transparan melalui aplikasi Perisai Pancasila. Tolong jaga kesehatan kalian, karena sebentar lagi kalian akan memasuki chandradimuka,"pesan AHK (sapaan akrab).

Kepada yang terpilih, AHK meminta tidak jumawa dan cepat berpuas diri, namun justru harus terus meningkatkan kualitas diri. Sementara, untuk yang tidak ke nasional kiranya tidak berkecil hati, karena sudah menjadi yang terbaik di Kabupaten dan Kota masing-masing dan akan mengibarkan merah putih di tingkat Provinsi.

"Karena memang kuotanya cuma dua dari pusat, jadi memang harus kita tetapkan sesuai permintaan itu. Kalian adalah pemuda-pemuda hebat dan berkualitas, dan tentunya dapat diandalkan menjadi Paskibraka mengibarkan merah putih pada saat nanti," pungkasnya. (tp/pt)