Pemuda

Agus Buka TOT Pemuda Pelopor Dan Paskibraka

  •   prabawati
  •   21 November 2022
  •   1:01pm
  •   Pemuda
  •   661 kali dilihat

Samarinda - Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Timur Agus Tianur, membuka secara resmi Pelatihan Training Of Trainer (TOT) Pemuda Pelopor dan Paskibraka tahun 2022 yang ditandai dengan simbolis pengalungan tanda peserta di Aula Dispora Kaltim, Senin (21/11).

"Kegiatan ini dalam rangka menyamakan persepsi tetang bagaimana kita bisa membangun dan mengembangkan pemuda pelopor,"papar Agus.

Seperti yang diketahui, saat ini Indonesia dihadapkan pada tantangan yang lebih besar yaitu bagaimana memperkuat karakter dan jati diri pemuda untuk menghadapi peluang bonus demografi 2020-2035, dan optimalisasi peran organisasi kepemudaan dalam pengembangan kepemimpinan dan kepeloporan pemuda.

Menurutnya, kebanyakan Kabupaten dan Kota keliru mengirimkan pemuda saat penilaian yang dikirim kebanyakan pemuda prestasi.

"Tidak bisa membedakan mana prestasi dan mana pelopor, mereka kebanyakan mengirim pemuda berprestasi bukan pelopor," sebutnya.

Menghadapi tantangan diperlukan peran aktif pemuda dalam pembangunan di segala aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dalam rangka menumbuh kembangkan kepeloporan di kalangan pemuda.

Untuk itu, kepeloporan pemuda sangat diperlukan untuk dapat melakukan terobosan dalam upaya mengatasi masalah- masalah yang dihadapi.

Sementara melalui pelatihan dan pembinaan paskibraka dapat dijadikan sebagai sarana untuk mengembangkan wawasan, sebab setiap anggota paskibraka akan diberikan pelatihan dan pendidikan sebelum melaksanakan tugas.

Kepala Bidang Pengembangan Pemuda Dispora Kaltim, Rasman menuturkan kegiatan dilaksanakan semala 3 hari dimulai 21 hingga 23 November 2022, diikuti peserta dari Kabupaten dan Kota.

Dengan menghadirkan narasumber dari Kementerian Pemuda dan Olahraga, TNI, Dispora Kaltim maupun Polri. (Prb/ty).