Pemerintahan

Tingkatkan Pelayanan Publik, Kementerian PAN-RB Launching Kompetisi P4

  •   Mardiasih
  •   21 Februari 2022
  •   4:46pm
  •   Pemerintahan
  •   423 kali dilihat

Jakarta- Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PAN-RB, Diah Natalisa melaunching Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik (P4). Kegiatan tersebut diikuti oleh Kementerian Koordinator, Kementerian, Lembaga dan Pemerintah Daerah melalui zoom meeting, baru-baru ini.

 Dalam sambutannya Diah menyampaikan  bahwa sektor pelayanan publik menjadi bagian utama yang harus ditranformasi dengan pemanfaatan tekhnologi dan informasi.

"Kunci utamanya adalah mewujudkan pelayanan publik yang bersifat kolaboratif dengan tidak lagi menempatkan masyarakat secara pasif hanya sebagai penerima pelayanan, tetapi juga keterlibatan secara aktif alam proses pelayanan publik itu sendiri," ucapnya.

Sebagaimana UU Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik yang mengamanatkan Pemerintah harus mewujudkan keterlibatan masyarakat mulai dari penetapan standar pelayanan, evaluasi penyelenggaraan sampai dengan pemberian penghargaan, sambungnya.

Diah juga melanjutkan bahwa hal tersebut bertujuan agar pelayanan publik yang kita selenggarakan menjadi pelayanan yang berkualitas, yaitu sejalan dengan kebutuhan dan harapan masyarakat.

"Sebagaimana Presiden Jokowi diberbagai kesempatan kerap menyampaikan agar masyarakat untuk aktif dalam menyampaikan kritik dan masukan kepada Pemerintah," ungkapnya.

Acara ini juga dihadiri oleh Kepala Pusat Penerangan Kementerian Dalam Negeri Benni Irwan, Patmo Aji Indrarto selaku Kepala Keasistenan Utama Pengaduan Masyarakat Ombudsman RI, Agung Harjono selaku Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden, Yanuar Ahmad selaku Asisten Deputi Transformasi Digital Pelayanan Publik Kementerian PAN-RB, Mutia dari Perwakilan Kementerian Kominfo, Mr.Norimasa Shimomura selaku Residen Representatif UNDP Indonesia, Mr.Yun-gil Jeong selaku Country Director KOICA Office Indonesia. (as/pt)