Pemerintahan

Rakorda Kominfo se-Kaltim Selesai Digelar, Sepakati Tingkatkan Koordinasi, Pembinaan Serta Evaluasi Isu Strategis

  •   Nichita Heryananda Putri
  •   29 Maret 2022
  •   5:22pm
  •   Pemerintahan
  •   118 kali dilihat
  •  

Bontang - Rapat Koordinasi Daerah Bidang Komunikasi Informatika, Statistik dan Persandian se-Kaltim dengan tema “Mewujudkan Pemerintahan Digital di Kalimantan Timur Menuju Satu Data, Mendukung Kota Nusantara” telah selesai digelar pada 28 Maret 2022.

Setelah mendengarkan paparan dari berbagai narasumber dan hasil diskusi serta masukan dari beberapa peserta Kab/Kota, dalam akhir kegiatan tersebut tercapailah beberapa hal yang disepakati.

Ketua Panitia Rakorda Kominfo sekaligus Sekretaris Diskominfo Prov Kaltim, Edy Hermawanto Noor memaparkan kedepan akan melakukan penyempurnaan dan evaluasi terhadap isu-isu strategis daerah yang merupakan permasalahan Bidang Komunikasi Informasi, Statistik dan Persandian di Kaltim.

“Selain itu, kami sepakat kerjasama pusat antara Kemenkominfo dan Kementerian PAN RB serta Kemendagri melakukan sosialisasi dan pembinaan terhadap isu strategis yang terjadi Dinas Kominfo Provinsi dan Kab/Kota se-Kaltim,” terangnya sebelum penutupan acara di Hotel Bintang Sintuk, Senin (28/03/2022).

Lebih lanjut Edy memaparkan menyepakati dan mengakomodir program Kab/Kota se-Kaltim yang masuk dalam kewenangan Provinsi dan Kab/Kota untuk dimasukkan ke dalam rencana kerja Diskominfo Kaltim tahun anggaran 2023 dan bantuan keuangan Pemprov Kaltim tahun 2023. Serta koordinasi dan juga pembinaan baik dari Kementerian Kominfo RI dan Diskominfo Provinsi kepada Kab/Kota.

“Yang terpenting juga kita sepakat untuk penyediaan infrastruktur fisik dan non fisik serta pengadaan dan peningkatan sumber daya manusia bidang komunikasi informatika, statistik dan persandian,” sebutnya.

Edy juga mengatakan bahwa tahapan penyusunan dan perencanaan telah disepakati untuk dilakukan dengan urutan dan jadwal kegiatan yang telah diputuskan sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku. Tentunya dengan memperhatikan saran dan masukan dari Kab/Kota, terangnya. (cht/pt)