Pemerintahan

Perlu Antisipasi Keamanan Wilayah dan Cegah Penyebaran Covid-19 di Hari Raya Idul Fitri 1442H

  •   resa septy
  •   21 April 2021
  •   6:04pm
  •   Pemerintahan
  •   385 kali dilihat

SAMARINDA - Rapat Koordinasi Forkopimda se- Kalimantan Timur dalam rangka Keamanan dan Penegakan Hukum Bulan Suci Ramadhan, Mudik dan Idul Fitri 1442 H, hari ini digelar secara langsung di Polda Kaltim Jalan Syarifuddin Yoes Balikpapan yang mana juga dapat diikuti secara daring, pada Rabu (21/04/2021).

Gubernur Kaltim, Isran Noor,Kapolda Kaltim, Irjen Pol Herry Rudolf Nahak memimpin Rapat tersebut secara virtual dari  Balikpapan. Sementara, Asisten I Pemprov Kaltim, Moh Jauhar Effendi, Kepala Kementerian Agama Prov Kaltim, H Masrawan, Kepala Polresta Kota Samarinda, Arif Budiman, Dandim 0901/Samarinda, Kolonel Inf Oni Kristiyono Geondong, beserta jajaran Kepolisian Kota Samarinda turut mengikuti rakor secara virtual di Ruang Vidcon Polresta Kota Samarinda.

Pangdam VI Mulawarman Mayor Jenderal TNI, Heri Wiranto dalam arahannya mengatakan bahwa guna menghadapi Hari Raya Idul Fitri 1442 H ini ialah menjadi perhatian bersama terutama Pemerintah Pusat untuk mewaspadai.

“Jangan sampa Hari Raya ini menjadi kluster baru karena diberikannya kesempatan libur, mereka (masyarakat) melakukan kegiatan-kegiatan mobilitas yang tinggi sehingga terjadi kasus seperti di India,” ucap Mayjen TNI Heri Wiranto.

Oleh karena itu, disampaikan oleh Mayjen Heri bahwa antisipasi keamanan di wilayah Kaltim perlu dilakukan. Antisipasi tersebut diantaranya melalui; (1) koordinasi antar instansi terkait (KODAM, POLDA, dan Pemerintah Daerah), (2) Rakor teknis antar instansi tarkait jabaran arahan TNI dan Gubernur atau Pangdam, dan Kapolda, (3) laksanakan gelar kesiapan seluruh jajaran, (4) laksanakan kegiatan  bersama untuk amakam wilayah,

Kemudian, (5) pemetaan wilayah yang rawan aksi teror, (6) meningkatkan Deni Ceni (Deteksi dini dan Cegah Dini) serta sistem PAM Obvitnas, Fasilitas Umum, (7) laksanakan patroli bersama oleh aparat  keamanan di wilayah daerah, dan (8) menjaga kerukunan, toleransi dan solidaritas antar umat beragama serta menciptakan situasi aman dan kondusif, jelasnya.

Selanjutnya, terkait pencegahan penyebaran Covid-19, Heri mengimbau untuk jangan kendor mengoptimalkan posko PPKM skala mikro di seluruh wilayah, meskipun kasus positif menurun signifikan.

“Kemudian kerahkan unsur 3 pilar di wilayah daerah supaya lebih optimal. Lakukan terus pendisiplinan protokol kesehatan yang sudah kita jalankan. Kita juga selalu mengimbau masyarakat untuk melaksanakan 5M dan imbau untuk masyarakat merayakan lebaran di rumah saja,”ajaknya.

Cegah masyarakat melakukan kegiatan mudik lebaran khususnya anggota TNI hingga Pemerintah, tegas Heri.

“Tidak ada mudik, semua standby karena untuk menjaga terjadinya penyebaran Covid-19,” terang Heri dengan lugas.

Dalam hal ini, Heri mengungkapkan bahwasannya siap mendukung semua kegiatan yang disiapkan oleh Pemerintah Daerah maupun Polda dalam rangka menjaga situasi dan kondisi keamanannya tetap kondusif. Serta angka Covid terjadi penurunan yang drastis, pungkas Pangdam VI Mulawarman. (resa/pt)