Pengelolaan Pengaduan Masyarakat Harus Bersifat Progresif Partisipatif
- Mardiasih
- 19 Juli 2022
- 4:59pm
- Pemerintahan
- 1098 kali dilihat
Jakarta - Ombudsman Republik Indonesia menegaskan bahwa pengelolaan pengaduan masyarakat harus bersifat progresif partisipatif.
"Pengelolaan pengaduan kepada masyarakat haruslah bersifat progresif partisifatif yaitu menuju ke arah perbaikan dan adanya keikutsertaan masyarakat," kata Dominikus Dalu, Asisten Utama Ombudsman RI saat memberikan materi Bimtek Pengelolaan Pengaduan yang diselenggarakan Kemdagri, Selasa (19/7).
Progresif partisipatif telah diterapkan oleh Ombudsman sejak awal berdirinya di Indonesia, dimana progresif partisipatif merupakan keadilan prosedural dimana terdapat hubungan antara pembuat keputusan dengan individu yang terlibat dalam proses pengambilan keputusan tersebut.
"Keadilan prosedural atau informal dapat dilihat dari proses yang digunakan dalam membuat dan mengimplementasikan keputusan," tambahnya.
Model pendekatan informal tersebut lanjutnya, telah diterapkan di 220 negara pada unit rumah sakit dan kantor pajakdan dalam penerapannya pun diperlukan adanya penguatan pada sistem pengelolaan pengaduan internal Pemerintah.
"Pemerintah pun dalam melakukan pengelolaan pengaduan harus teliti, mendengarkan dengan baik dan mengklarifikasi karena bisa saja terdapat tujuan lain yang tidak sesuai kenyataan," tegasnya.
Untuk itu Pemerintah harus menerapkan beberapa faktor keadilan prosedural dalam pengelolaan pengaduan, diantaranya meningkatkan kompetensi Admin Pengelola Pengaduan, sehingga dalam memberi penjelasan kepada masyarakat dapat lebih baik dan jujur sehingga masyarakat dapat menerima kesan yang baik pula.
Kegiatan ini diikuti terbatas oleh Admin Pengelolaan Pengaduan SP4N-LAPOR! di lingkungan Kementerian Dalam Negeri dan Pemerintah Provinsi se-Indonesia. (as)
Kategori
- Berita 2634
- Artikel 32
- Anti Hoax 48
- Budaya 90
- Ekonomi 216
- Teknologi 233
- Hiburan 64
- Kesehatan 714
- Olahraga 163
- Pemerintahan 1375
- Pembangunan 306
- Politik 43
- Seputar Kaltim 105
- Pendidikan 146
- Rubrik 9
- Statistik 200
- Aplikasi 49
- Layanan 37
- Agama 213
- Keluarga 31
- Keluarga 9
- Bantuan 69
- Perkebunan 184
- Lingkungan 61
- Narkoba 21
- Pelatihan 146
- Anak 9
- Pramuka 43
- Sosial 45
- Perempuan 34
- Investasi 23
- Penghargaan 105
- Paguyuban 3
- Keamanan 21
- Kerajinan 19
- Kerajinan 5
- Ketahanan 9
- Pariwisata 87
- Bencana 19
- Pameran 26
- Pameran 8
- Jaringan 12
- Peternakan 18
- Peternakan 3
- Pertanian 30
- Pertanian 5
- Pangan 19
- Kebencanaan 14
- Pengumuman 11
- Perdagangan 12
- Perdagangan 1
- Kependudukan 10
- Karnaval 4
- Cuaca 46
- Pancasila 7
- Bencana 3
- Kekerasan 2
- Pajak 5
- Pramuka 5
- Kepemudaan 12
- Ketenagakerjaan 40
- Kehumasan 7
- Perikanan 6
- Pemuda 6
- Kehutanan 6
- Penelitian 2
- Keamanan 4
- Keamanan 1
- Festival 12
- Beasiswa 8
- Kebutuhan 1
- Transportasi 15
- Nusantara 1
- Informasi 9
- Infrastruktur 5
- Telekomunikasi 2
- UMKM 4
- Kelautan 2
- Perhubungan 6
- Pemilu 11
- Pemberdayaan 4
- Kearsipan 12
- Bakti Sosial 1
- Dekranasda 1
- Energi Sumber Daya Mineral 1