Pengelolaan Pengaduan Masyarakat Harus Bersifat Progresif Partisipatif
- Mardiasih
- 19 Juli 2022
- 4:59pm
- Pemerintahan
- 792 kali dilihat
Jakarta - Ombudsman Republik Indonesia menegaskan bahwa pengelolaan pengaduan masyarakat harus bersifat progresif partisipatif.
"Pengelolaan pengaduan kepada masyarakat haruslah bersifat progresif partisifatif yaitu menuju ke arah perbaikan dan adanya keikutsertaan masyarakat," kata Dominikus Dalu, Asisten Utama Ombudsman RI saat memberikan materi Bimtek Pengelolaan Pengaduan yang diselenggarakan Kemdagri, Selasa (19/7).
Progresif partisipatif telah diterapkan oleh Ombudsman sejak awal berdirinya di Indonesia, dimana progresif partisipatif merupakan keadilan prosedural dimana terdapat hubungan antara pembuat keputusan dengan individu yang terlibat dalam proses pengambilan keputusan tersebut.
"Keadilan prosedural atau informal dapat dilihat dari proses yang digunakan dalam membuat dan mengimplementasikan keputusan," tambahnya.
Model pendekatan informal tersebut lanjutnya, telah diterapkan di 220 negara pada unit rumah sakit dan kantor pajakdan dalam penerapannya pun diperlukan adanya penguatan pada sistem pengelolaan pengaduan internal Pemerintah.
"Pemerintah pun dalam melakukan pengelolaan pengaduan harus teliti, mendengarkan dengan baik dan mengklarifikasi karena bisa saja terdapat tujuan lain yang tidak sesuai kenyataan," tegasnya.
Untuk itu Pemerintah harus menerapkan beberapa faktor keadilan prosedural dalam pengelolaan pengaduan, diantaranya meningkatkan kompetensi Admin Pengelola Pengaduan, sehingga dalam memberi penjelasan kepada masyarakat dapat lebih baik dan jujur sehingga masyarakat dapat menerima kesan yang baik pula.
Kegiatan ini diikuti terbatas oleh Admin Pengelolaan Pengaduan SP4N-LAPOR! di lingkungan Kementerian Dalam Negeri dan Pemerintah Provinsi se-Indonesia. (as)
Kategori
- Berita 2351
- Artikel 31
- Anti Hoax 48
- Budaya 79
- Ekonomi 211
- Teknologi 217
- Hiburan 62
- Kesehatan 699
- Olahraga 162
- Pemerintahan 1271
- Pembangunan 297
- Politik 39
- Seputar Kaltim 103
- Pendidikan 140
- Rubrik 9
- Statistik 183
- Aplikasi 43
- Layanan 33
- Agama 188
- Keluarga 28
- Keluarga 8
- Bantuan 57
- Perkebunan 147
- Lingkungan 55
- Narkoba 20
- Pelatihan 121
- Anak 9
- Pramuka 41
- Sosial 41
- Perempuan 31
- Investasi 21
- Penghargaan 101
- Paguyuban 3
- Keamanan 20
- Kerajinan 14
- Kerajinan 3
- Ketahanan 9
- Pariwisata 82
- Bencana 18
- Pameran 23
- Pameran 8
- Jaringan 12
- Peternakan 15
- Peternakan 3
- Pertanian 28
- Pertanian 5
- Pangan 19
- Kebencanaan 14
- Pengumuman 7
- Perdagangan 10
- Perdagangan 1
- Kependudukan 8
- Karnaval 4
- Cuaca 41
- Pancasila 5
- Bencana 3
- Kekerasan 2
- Pajak 5
- Pramuka 4
- Kepemudaan 12
- Ketenagakerjaan 35
- Kehumasan 2
- Perikanan 6
- Pemuda 6
- Kehutanan 5
- Penelitian 2
- Keamanan 2
- Keamanan 1
- Festival 11
- Beasiswa 8
- Kebutuhan 1
- Transportasi 14
- Nusantara 1
- Informasi 7
- Infrastruktur 3
- Telekomunikasi 2
- UMKM 4
- Kelautan 2
- Perhubungan 3
- Pemilu 11
- Pemberdayaan 3