Pemerintahan

Nina: Kuliah Bukan Sekedar Mendapatkan Gelar

  •   prabawati
  •   7 April 2022
  •   1:29pm
  •   Pemerintahan
  •   182 kali dilihat
  •  

Samarinda - Melanjutkan studi yang lebih tinggi adalah mimpi bagi setiap banyak orang setelah menamatkan kuliah S1 dan menyandang gelar sarjana terlebih lagi ASN atau karyawan di lembaga swasta dan perusahaan.

"Melanjutkan studi magister atau S2 terutama bagi yang bekerja bukan semata-mata hanya untuk mendapatkan gelar saja,"ungkap Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kaltim Nina Dewi dalam arahannya pada Kelas Inspirasi Kiat Mendapatkan Beasiswa Luar Negeri Bagi PNS, melalui virtual, Kamis (7/5).

Sebaliknya, bukan hanya mendalami mata kuliah tertentu tapi ada keunggulan dan kelebihan yang akan di dapatkan serta berefek pada kepegawaiannya apabila itu ASN.

Alasan penting untuk mengambil studi lanjut baik S2 mapun S3 bagi ASN melalui jalur pendidikan formal diantaranya bertujuan untuk peningkatan potensi diri dalam berbagai aspek, sehingga bermanfaat baik itu bagi diri sendiri, institusi, keluarga, masyarakat maupun orang lain.

"Itulah sebabnya setiap PNS dapat meningkatkan kapasitasnya ke jenjang lebih tinggi melalui pendidikan formal, yang pastinya sesuai dengan ketentuan dan kebijakan yang ditetapkan pemerintah daerah masing-masing,"ucap Nina

Lanjutnya, salah satu lembaga pemberi beasiswa yaitu Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Program beasiswa dari LPDP sendiri ada dua yaitu untuk program Masgister (S2) dan Dr (S3) baik dalam maupun luar negeri.

Besaiswa LPDP jelas Nina, bertujuan untuk mendukung ketersediaan SDM berpendidikan dan berkualitas memiliki jiwa kepemimpinan dan memberi efek yang baik kepada masyarakat luas dan bangsa.

"Walaupun dengan masih mewabahnya Covid-19 kami tetap optimis dan terus meningkatkan kualitas pengetahuan baik  ASN maupun masyarakat melalui berbagai metode salah satunya kita laksanakan kelas inspirasi hari ini,"sebutnya.

Dirinya meminta ASN maupun masyarakat dapat terus berperan aktif bersama dalam pengembangan kompetensi pengembangan sumber daya manusia di Provinsi Kaltim. (Prb/ty).