Pemerintahan

Kunci Keberhasilan SPBE Ada Di Pranata Komputer

  •   prabawati
  •   19 Mei 2022
  •   11:57am
  •   Pemerintahan
  •   172 kali dilihat
  •  

Balikpapan - Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik  (SPBE) memberi peluang untuk mendorong dan mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang terbuka, partisipatif, inovatif, dan akuntabel.

"Salah satu kunci keberhsilan SPBE sendiri adalah kawan-kawan pranata komputer, dengan catatan ketika bicara SPBE jangan berbicara basisnya saja tapi sitem pemerintahan harus diperkuat,"ungkap Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Timur Muhammad Faisal saat memberikan arahan pada Workshop Pranata Komputer, yang dilaksanakan di Hotel Grand Tjokro, Kamis (19/5).

Pranata komputer harus benar-benar menjadi tiang mandiri untuk SPBE, tidak hanya berpikir untuk dirinya sendiri dan mengejar nilai, sehingga lupa dengan tugasnya untuk berinovasi pada dinasnya.

"Salah satu peran penting SPBE adalah pranata komputer baik dia sebagai operator, analisis mau pun programer, kita butuh sekali inovasi kreatifitas,"tukas Faisal.

Menurutnya sebesar atau sekomplet peralatan yang dipunya, jika dibelakang tidak kreatif maka tidak ada gunanya. Sistem sebagus apa pun apabila operatornya tidak bagus maka tidak akan bagus.

Saat ini sambung Faisal yang menjadi PR ialah dengan adanya Ibu Kota Negara (IKN), karena hadirnya IKN terjadi pertcepatan transformasi digital.

"Kita harus percepat juga kualitas SDM di IKN, ini menjadi PR yang sangat berat," ucapnya.

Sementara, menurut Kepala Diskominfo Kota Balikpapan Adamin mengatakan ASN dituntut untuk lebih cepat beradaptasi menyesuaikan budaya kerja jabatan fungsional yang lebih mengutamakan keahlian dan keterampilan spesifik.

Penerapan SPBE menjadi suatu kewajiban yang mutlak agara pemerintah tidak ketinggalan jaman. pandemi Covid-19 menunjukan bahwa teknologi sangat penting  bagi organisasi pemerintahan terlebih saat ini.

Pranata komputer memiliki peranan penting dalam merencakan, menganilisa, merancang mengimplementasikan, mengembangkan atau mengoprasikan sistem berbasis komputer saat ini. (Prb/ty).