Pemerintahan

Gotong Royong Jadi Dasar Membangun Negeri

  •   Teguh Prasetyo
  •   20 Mei 2022
  •   11:20am
  •   Pemerintahan
  •   68 kali dilihat
  •  

Samarinda – Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur mengikuti Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-114 yang jatuh pada hari ini, Jumat 20 Mei 2022, bertempat diruang Heart Of Borneo Kantor Gubernur Kaltim Jalan Gajah Mada Samarinda.

Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur dihadiri oleh Sekretaris Dinas Kominfo Kaltim, Edi H Noor dan beberapa pejabat lainnya.

Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Johnny G Plate memimpin langsung peringatan tersebut di halaman Kantor Kominfo RI Jalan Merdeka Barat No.9 Jakarta dan diikuti oleh peserta lain melalui virtual, Jumat (20/5).

Pada tanggal 20 Mei 1948, Presiden Soekarno menetapkan hari lahirnya perkumpulan Boedi Oetomo sebagai Hari Bangkitnya Nasionalisme Indonesia. Di masa itu, terdapat ancaman perpecahan antar golongan dan ideologi di tengah perjuangan Indonesia mempertahankan kemerdekaan dari Belanda yang ingin kembali berkuasa. Sehingga, semangat persatuan yang digagas oleh Boedi Oetomo diharapkan menjadi spirit dalam menghimpun kekuatan dan mencegah perpecahan bangsa.

“Organisasi yang menyatukan pergerakan di Indonesia dari yang bersifat kedaerahan menjadi nasional dengan tujuan akhir kemerdekaan. Boedi Oetomo adalah organisasi pertama di Indonesia yang bersifat nasional dan modern dalam sejarah pergerakan kemerdekaan,” ujar Plate saat memimpin peringatan tersebut.

Tujuan didirikannya Boedi Oetomo yang tercetus dalam kongres pertamanya ialah untuk menjamin kehidupan sebagai bangsa yang terhormat dengan fokus pergerakan di bidang pendidikan, pengajaran dan kebudayaan, tambahnya.

Boedi Oetomo telah meletakkan tiga cita-cita bagi kebangkitan nasional yakni memerdekakan cita-cita kemanusiaan, memajukan nusa dan bangsa, serta mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat dan bermartabat di mata dunia, sambungnya.

Peringatan Ke-114 Tahun Kebangkitan Nasional Tahun 2022 untuk terus memelihara, menumbuhkan dan menguatkan semangat gotong-rotong kita sebagai landasan dasar dalam melaksanakan pembangunan, untuk mempercepat pulihnya bangsa kita dari pandemi Covid- 19 dalam Tema “Ayo Bangkit Bersama”. (tp/pt)