Pemerintahan

Besok, 13 PPT Pratama Ikuti Uji Kompetensi

  •   Nichita Heryananda Putri
  •   20 Februari 2024
  •   6:10am
  •   Pemerintahan
  •   478 kali dilihat

Samarinda – Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur akan melaksanakan Uji Kompetensi (Ukom) bagi Pejabat Pimpinan Tinggi (PPT) Pratama dalam rangka evaluasi pelaksanaan program kerja, kinerja organisasi dan palayanan kepada masyarakat. Sebanyak 13 PPT Pratama akan mengikuti ukom pada 21 Februari mendatang di Ruang Rapat Kantor Penghubung Jalan Kramat II No 42, Kwitang Senen Jakarta Pusat.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kaltim Deni Sutrisno menjelaskan, ukom merupakan salah satu tahapan yang harus dipenuhi dalam proses pengisian dalam jabatan. Kemudian, hasilnya ini akan dijadikan salah satu pertimbangan yang obyektif oleh Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) untuk memilih calon terbaik di masing-masing jabatan disamping faktor-faktor obyektif lainnya.

“Ada 15 posisi yang di uji kompetensikan, tapi yang 2 posisi lowong yakni Kepala Dinas Pariwisata dan Staf Ahli bidang Sumber Daya Alam, Perekonomian Daerah dan Kesejahteraan Rakyat. Jadi yang diundang dan ikut nanti ada 13 PPT Pratama,” jelas Deni saat dihubungi melalui sambungan telepon, Senin (19/2/2024).

Deni lebih lanjut menjelaskan bahwa salah satu pertimbangan untuk undangan para peserta PPT Pratama adalah kinerja mereka. Sebagai daerah tempat berdirinya IKN, penjabat Gubernur mengharapkan para pimpinan tinggi dapat mengakselerasi diri dan organisasi yang mereka pimpin untuk mendukung IKN.

“Tapi tidak semua memang kinerja dikatakan lembat atau seperti apa, namun fokus akselerasi kinerja. Ukom ini tidak menutup kemungkinan nanti kelanjutannya ada seleksi terbuka. Ini merupakan suatu penugasan, harapannya kita laksanakan tugas itu dengan baik, peserta bisa hadir tepat waktu.

Deni juga mengungkapkan bahwa dalam pelaksanaan Ukom kali ini, panitia seleksi melibatkan perwakilan dari Pemerintah Pusat, yaitu Kementerian PAN-RB dan Badan Kepegawaian Negara. Tahapan uji kompetensi mencakup kehadiran peserta, presentasi selama 10 menit, wawancara pendalaman selama 20 menit oleh panitia seleksi dan hasilnya akan dilaporkan kepada Pejabat Pembina Kepegawaian.

“Semoga semua peserta bisa hadir dan melaksanakan ukom dengan baik dan lancer sehingga dapat memperoleh hasil yang terbaik,” harapnya.

Adapun PPT Pratama yang akan mengikuti ukom adalah diantaranya, Asisten Perekonomian dan Administrasi Pembangunan, Staf Ahli I Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, Kepala Badan Pendapatan Daerah, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa, Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Kepala Dinas Perkebunan, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja, Kepala Biro Perekonomian, Kepala Biro Umum. (cht/pt)