Pemerintahan

165 Guru SMAN/SMKN Kaltim Tuntas Ikuti Orientasi

  •   prabawati
  •   1 Maret 2023
  •   7:54pm
  •   Pemerintahan
  •   375 kali dilihat

Samarinda - Sebanyak 156 guru SMAN/SMKN dengan status Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang tergabung dalam Gelombang IV telah menuntaskan masa orientasi yang dipusatkan di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kaltim. Rabu (1/3).

Mewakili Kepala BPSDM Kaltim, Widyaiswara Ahli Utama Muchlis Syahrani, mengajak kepada peserta orientasi untuk terus bersyukur telah diangkat sebagai Tenaga Guru SMA/SMK dengan status PPPK.

Orientasi PPPK dilaksanakan selama 18 hari, dimana 15 hari peserta mengikuti metode pembelajaran melalui MOOC (massive open online courses) dari Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (LAN-RI).

Kemudian, 3 hari berikutnya belajar secara klasikal atau tatap muka di BPSDM Kaltim.

Dari 156 guru SMAN/SMKN terdiri atas Angkatan 13 sebanyak 37 orang, Angkatan 14 sebanyak 39 orang, Angkatan 15 sebanyak 40 orang, dan Angkatn 16 sebanyak 40 orang.

Sementara menurut Widyaiswara Ahli Utama BPSDM Kaltim, Moh Jauhar Efendi menerangkan pelatihan menggunakan metode MOOC yang merupakan layanan e-learning dikhususkan untuk kebutuhan pendidikan/pelatihan yang tidak terikat tempat dan waktu.

Lanjutnya rekan-rekan guru yang tergabung dalam PPPK bukanlah guru kaleng-kaleng.

"Bukti sederhananya mereka bisa memecahkan game menyusun puzzle dengan cara mengurangi salah satu unsur pembentukan bujur sangkar"tutur Jauhar.

Dia menambahkan, selama melatih peserta CPNS yang tergabung dalam Latsar (Latihan Dasar), baik bagi golongan II maupun III, belum bisa memecahkan persoalan tersebut. (MJE/Prb/ty).