Pemerintahan

100 Peserta Akan Ikuti Workshop Pranata Komputer Pada 19 Mei

  •   prabawati
  •   18 Mei 2022
  •   9:03am
  •   Pemerintahan
  •   129 kali dilihat
  •  

Samarinda - Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Timur pada 19 Mei 2022 akan menggelar Workshop Pranata Komputer di Kota Balikpapan, yang diikuti 100 peserta baik Online maupun Offline.

Kepala Bidang Aplikasi Informatika Diskominfo Kaltim, Normalina mengatakan, Peningkatan Kompetensi Jabatan Fungsional Pranata Komputer ini merupakan salah satu agenda rutin yang diselenggarakan tiap tahun.

"100 peserta akan mengikuti kegiatan Workshop tersebut baik secara offline maupun online di Hotel Grand Tjokro Balikpapan selama satu hari" sebutnya saat dikonfirmasi diruang kerjanya, Rabu (18/5).

Mengingat saat ini masih pandemi Covid-19 maka peserta dibatasi, dimana untuk peserta sendiri akan dihadiri jabatan fungsional pranta komputer di lingkup OPD Kaltim maupun di Kabupaten dan Kota.

Kegiatan tersebut akan menghadirkan dua narasumber yakni dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kaltim.

Normalina mengatakan Aparatur Sipil Negara termasuk pejabat administrasi yang disetarakan ke jabatan fungsional pranata komputer yang sudah ada dapat lebih mengetahui hal-hal apa yang harus diperhatikan pada saat pengumpulan angka kredit dan pangajuan Dupak Parakom.

"Di Workshop inilah tempatnya para pranata komputer untuk tau bagaimana cara penyusunan angka kredit sesuai dengan peraturan yang baru,"kata Normalina.

Direncanakan tahun ini, sebutnya workshop akan digelar dua kali karena adanya penyetaraan fungsional. Dimana disebagian besar di Kabupaten dan Kota jabatan fungsional pranata komputer sudah disetarakan.

Seperti yang diketahui bahwa jumlah pranata Komputer saat ini berjumlah 114 orang dengan rincian Provinsi 28 orang, Samarinda 28 orang, Balikpapan 21 orang, Bontang 36 orang, Kutai Kartanegara 5 orang, Kutai Timur 11 orang dan Berau 18 orang.

"Kutai Barat, Penajam Paser Utara dan Paser belum memberikan informasi data berapa jumlah pranata komputer kepada kami," ucapnya.

Dirinya menilai dengan kondisi saat ini jumlah Sumber Daya Manusia (SDM) pranata komputer di Kaltim yang ada masih kurang.

Dia berharap dengan kegiatan ini akan memacu produktivitas para pejabat fungsional pranata komputer Pemprov Kaltim mapun Kabupaten dan Kota. (Prb/ty).