Pemberdayaan

Yulia Zubir Akmal Tinjau Posyandu dan Rumah Dilan di Mahulu

  •   Khajjar Rohmah
  •   2 Maret 2024
  •   6:46am
  •   Pemberdayaan
  •   331 kali dilihat

Ujoh Bilang - Penjabat (Pj) Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga Provinsi Kalimantan Timur (TP PKK Kaltim) dr. Yulia Zubir Akmal meninjau Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) dan Rumah Dilan di Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu). 

Peninjauan lapangan ini dilakukan untuk melihat langsung implementasi dari masing-masing program kegiatan Kelompok Kerja (Pokja) PKK di Kabupaten Mahulu. Pembinaan Posyandu masuk dalam program kerja Pokja IV PKK dalam rangka mewujudkan keluarga sehat dan anak bebas stunting.  

Yulia Zubir Akmal didampingi Ketua TP PKK Mahulu, Yovita Bulan Bonifasius menyapa para ibu dan balita yang tengah melakukan pemeriksaan rutin di Posyandu Bakung Kampung Ujoh Bilang pada Sabtu (2/3/2024). 

"Ibu-ibu, tumbuh kembang anak harus diperhatikan. Rutin periksa di Posyandu dan berikan asupan bergizi bagi anak-anak kita," pesan Pj Ketua PKK Kaltim, Yulia Zubir Akmal. 

Usai peninjauan ke Posyandu, dirinya melanjutkan kunjungan ke Kampung Batu Majang Kecamatan Long Bagun. Di sana, ia meninjau program Aku Hatinya PKK yang menjadi program unggulan Pokja III PKK. 

Aku Hatinya PKK adalah akronim dari Amalkan dan Kukuhkan Halaman Asri Teratur Indah dan Nyaman. Sebuah kampanye untuk mengajak para warga memanfaatkan halaman rumah secara produktif. Dengan ditanami berbagai sayuran untuj kebutuhan pangan. Dan ternak untuk kebutuhan lauk pauk hewani. 

Menutup kunjungan lapangan, Yulia mendatangi Rumah Dilan di Jalan Poros Long Bagun Ilir Kecamatan Long Bagun. Rumah Dilan adalah bermakna Rumah Pendidikan dan Keterampilan yang menjadi program kerja Pokja II PKK. Program ini bertujuan untuk meningkatkan pendidikan dan keterampilan demi penguatan ekonomi keluarga. 

Rumah Dilan di Kecamatan Long Bagun dikelola oleh TP PKK Mahulu dengan brand Luha Kerajinan yang memproduksi berbagai kriya khas suku Dayak. Di antaranya seperti tas anyaman rotan, gelang, dan pernak pernik lainnya. (KRV/pt)