Pemberdayaan

TP PKK Kaltim Terima Audiensi P3PD RMC V, Jalin Sinergi Pemberdayaan Desa

  •   Khajjar Rohmah
  •   9 Maret 2024
  •   11:58am
  •   Pemberdayaan
  •   425 kali dilihat

Samarinda - Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Kaltim menerima audiensi dari Tim Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD) Regional Management Consultant (RMC) V Kalimantan Timur.

Audiensi tersebut diterima langsung oleh Penjabat (Pj) Ketua TP PKK Kaltim, dr. Yulia Zubir Akmal di VIP Room Rumah Jabatan Gubernur pada Jumat (8/3/2024) sore.

P3PD merupakan program pemerintah pusat yang mendukung pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa dan dilaksanakan oleh empat kementerian dan lembaga.

Keempat kementerian tersebut adalah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT), Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), serta Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Kemen PPN/Bappenas).

Program ini difokuskan pada penyediaan dan pengembangan dukungan terhadap tata kelola pemerintahan, pembangunan, dan pemberdayaan masyarakat desa yang akuntabel, partisipatif, dan sesuai dengan kebutuhan lokal.

Provincial Coordinator P3PD RMC V Kaltim, FX Isgiarto menjelaskan bahwa P3PD bertujuan untuk mendorong efisiensi dan efektivitas penguatan desa melalui pengembangan dan peningkatan sistem dukungan.

"P3PD hadir untuk memberikan pemahaman pengelolaan desa dan meningkatkan kualitas SDM pemerintah desa," jelas Isgiarto.

Pihaknya secara rutin menyelenggarakan pelatihan dan penguatan SDM bagi aparat pemerintah desa se-Kaltim. Tahun 2024 ini, P3PD akan menggelar tujuh jenis pelatihan bagi para aparat desa dari seluruh kabupaten/kota.

Pelatihan tersebut mencakup pelatihan aparatur desa, pelatihan batas desa, pelatihan badan permusyawaratan desa (BPD), pelatihan lembaga kemasyarakatan desa, pelatihan kerja sama desa, pelatihan PKK, dan pelatihan Posyandu.

Pj Ketua TP PKK Kaltim, dr. Yulia Zubir Akmal menyambut baik kegiatan-kegiatan pelatihan yang diinisiasi oleh P3PD. Ia bahkan menyatakan kesiapannya untuk mengakomodir kelompok TP PKK di kabupaten/kota untuk mengikuti jenis pelatihan yang berkaitan dengan PKK dan Posyandu.

"Jika perlu, disiapkan juga materi pembelajaran secara virtual. Misalnya, ada seri modul webinar yang diunggah ke Youtube sehingga bisa dipelajari kapan saja," ungkap Yulia.

Audiensi P3PD bersama TP PKK Kaltim dihadiri oleh Kabid Pemberdayaan Kelembagaan dan Sosial Budaya Masyarakat DPMPD Kaltim Roslindawaty, Wakil Sekretaris III TP PKK TP PKK Kaltim Hj Sulastri, serta perwakilan pengurus TP PKK dan jajaran DPMPD Kaltim. (KRV/pt)