Pemberdayaan

TP PKK Kaltim Lakukan Pembinaan dan Sinergitas 10 Program Pokok PKK di Kabupaten Mahulu

  •   Khajjar Rohmah
  •   1 Maret 2024
  •   7:24pm
  •   Pemberdayaan
  •   276 kali dilihat

Ujoh Bilang - Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga Provinsi Kalimantan Timur (TP PKK Kaltim) melakukan pembinaan dan sinergitas 10 program pokok PKK di Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu). 

Sebelumnya, TP PKK Kaltim juga telah melakukan roadshow ke tiga kabupaten/kota untuk kegiatan yang sama. Yakni di Kota Bontang, Kutai Timur, dan Balikpapan. 

Penjabat (Pj) Ketua TP PKK Kaltim dr. Yulia Zubir Akmal menjelaskan, pembinaan dan sinergitas 10 program pokok PKK di seluruh kabupaten/kota  merupakan program kerja prioritas di tahun 2024. TP PKK Kaltim berkolaborasi bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, dalam pelaksanaan pembinaan dan sinergitas 10 program pokok PKK. 

"Kami berkunjung ke Mahulu untuk melihat langsung pelaksanaan kegiatan apa yang kira-kira harus diperbaiki. Termasuk juga melakukan sinkronisasi dan sinergitas 10 progam pokok PKK bersama perwakilan OPD," kata Pj Ketua TP PKK Kaltim dr. Yulia Zubir Akmal di Balai Adat Kabupaten Mahakam Ulu, Jumat (1/3/2024). 

Adapun 10 program pokok PKK di antaranya adalah penghayatan dan pengamalan Pancasila, gotong royong, pangan, sandang, perumahan dan tata laksana rumah tangga, pendidikan dan keterampilan, kesehatan, pengembangan kehidupan berkoperasi, kelestarian lingkungan hidup, serta perencanaan sehat. 

"Kegiatan ini menjadi langkah strategis dalam optimalisasi 10 program pokok PKK yang juga selaras dengan indikator kinerja OPD Pemprov Kaltim," imbuh Yulia. 

Di tempat yang sama Wakil Bupati Mahulu, Yohanes Avun menyambut baik kunjungan TP PKK Kaltim. Peran PKK sebagai mitra strategis pemerintah diharapkan dapat membantu program pembangunan di bidang pemberdayaan keluarga dan masyarakat. 

"Kami merasa terhormat dan bangga atas kunjungan TP PKK Provinsi Kaltim. Semoga dapat memberikan pembinaan dan motivasi kepada kader kami di TP PKK Kabupaten Mahulu," ungkap Avun. 

Kegiatan pembinaan dan sinergitas 10 program pokok PKK di Kabupaten Mahulu dirangkai dengan penyerahan simbolis tugu Buncu Baca Etam (BBE) dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kaltim. Dilanjutkan dengan arahan program dari Pj Ketua TP PKK Kaltim, materi literasi pembudayaan gemar membaca, dan pemaparan implementasi program unggulan sekretariat dan kelompok kerja (Pokja) PKK. (KRV/pt)