Pemberdayaan

Parade Gender Wujud Komitmen Kaltim

  •   prabawati
  •   7 Mei 2024
  •   1:42pm
  •   Pemberdayaan
  •   201 kali dilihat

 Samarinda -Sebagai komitmen Pemerintah Kalimantan Timur dalam Implementasi Pengarusutamaan Gender (PUG), Dinas Kependudukan, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKP3A) Prov Kaltim menggelar Parade Gender, di Ruang Ruhui Rahayu Kantor Gubernur Kaltim, Selasa (7/5).

 Kegiatan tersebut pun dirangkai dengan pemberian Gender Champion untuk sektor pendidikan dan teknologi digital, kesehatan, ekonomi, lingkungan hidup dan pertanian/kehutanan, sosial budaya politik dan hukum serta Award Gender Kaltim bagi Petangkat Daerah dan ASN yang berkomitmen pada penyelenggaraan PUG yang diserahkan langsung oleh Sekretaris Daerah Kaltim Sri Wahyuni.

 Kepala DKP3A Kaltim Noryani Sorayalita d menjelaskan bahwa parade gender tahun 2024 merupakan yang ke-3 sejak dimulainya pada tahun 2022 dan akan menjadi kegiatan tahunan sekaligus sebagai bagian dari peringatan Hari Kartini.

 Kalimantan Timur memiliki kekayaan sumber daya alam yang melimpah, dan penting untuk bersyukur serta memanfaatkannya secara optimal.

 Ancaman seperti perubahan iklim dan degradasi lingkungan menjadi perhatian serius, yang mempengaruhi tidak hanya kesehatan dan lingkungan lokal, tetapi juga global, termasuk ketersediaan air bersih dan udara segar yang bebas polusi.

 Dalam menghadapi tantangan ini, perempuan Kaltim telah mampu menangkap peluang dengan mandiri, seperti dalam pemberdayaan UMKM dan peningkatan kemampuan digital sebagai bagian dari transformasi ekonomi.

 Adanya Perda Nomor 5 tahun 2004 tentang perubahan Perda nomor 2 tahun 2016 tentang tentang pengarusutamaan gender dalam pembangunan daerah menjadi landasan bagi upaya meningkatkan daya saing perempuan melalui transformasi ekonomi, termasuk kelompok perempuan kepala keluarga dan kelompok tani, serta aspek sosial ekonomi.

 Parade gender ini merupakan hasil kerja sama dengan berbagai mitra pembangunan, termasuk Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak di kabupaten/kota serta organisasi wanita.

 Ke depan, penilaian akan dilakukan untuk mengukur manfaat yang dirasakan setelah implementasi PUG.

 Sekretaris Daerah Kaltim, Sri Wahyuni, secara resmi meresmikan Parade PEREKAT MAMA di halaman Kantor Gubernur Kaltim sebagai bagian dari acara ini.

 Tampak Hadir dalam kegiatan tersebut Staf Ahli Menteri Antar Lembaga Kementerian PPPA Perangkat Daerah dan Para Praktisi Pemberdayaan Perempuan. (Prb/ty).

 

 Berikut Penerima Penghargaan :

1. Bidang Pendidikan dan Teknologi Digital, Kab. Kutai Timur, Maria Magdalena Pohan

2. Bidang Pendidikan dan Teknologi Digital, Kab. Paser, Eva Sasmitosari

3. Bidang Kesehatan, Kota Bontang Masitah

4. Bidang Ekonomi, Kab. Penajam Paser Utara, Salbiyah

5. Bidang Ekonomi, Kota Balikpapan Dianisa Ester Bassay

6. Bidang Ekonomi, Kab.Berau, Rosnah

7. Bidang Lingkungan Hidup dan Pertanian/Perhutanan, Kab. Penajam Paser Utara, Siti Rukiyah

8. Bidang Lingkungan Hidup dan Pertanian/ Perhutanan, Kab. Kutai Timur, Im Fatul Hasanah

9. Bidang Lingkungan Hidup dan Pertanian/Perhutanan, Kab. Kutai Kartanegara, Revi Muhuran

10. Bidang Lingkungan Hidup dan Pertanian/Perhutanan, Kab. Paser, Mardanina

11. Bidang Lingkungan Hidup dan Pertanian/Perhutanan, Kab. Kutai Barat, Agustina

12. Bidang Lingkungan Hidup dan Pertanian/Kehutanan, Kota Samarinda, Agustina Salasiah

13. Bidang Sosial, Budaya, Politik dan Hukum, Kota Balikpapan, Ita Ma’ruf Rambe

14. Bidang Sosial, Budaya, Politik dan Hukum, Kota Samarinda, Siti Supida

15. Bidang Sosial, Budaya, Politik dan Hukum, Kab. Kutai Barat, Margareta Yona

 Penerima 3 (tiga) Award Gender Perangkat Daerah Terbaik yakni terbaik I RSUD Kanudjoso Djatiwibowo Balikpapan, Terbaik II Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kaltim dan terbaik III  Dinas Perkebunan Kaltim.

 Penerima GenderChampion kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) yang Berkomitmen terhadap Penyelenggaraan Pengarusutamaan Gender (PUG), Joko Istanto, S.P.,M.Si (Kepala Dinas Kehutanan Kaltim dan dr. Indah Puspitasari, MARS Direktur RSJD Atma Husada Mahakam)