Pembangunan

Manfaatkan Situasi Pandemi Sebagai Tantangan Untuk Maju Dengan Digitalisasi

  •   resa septy
  •   20 Mei 2021
  •   1:07pm
  •   Pembangunan
  •   107 kali dilihat
  •  

SAMARINDA - Bijak dalam pemanfaatan digital menjadi kunci untuk mewujudkan Indonesia Digital, Semakin Digital, Semakin Maju. Tentunya melalui kolaborasi seluruh elemen masyarakat dalam pengoptimalisasian literasi digital.

Seperti halnya Program Literasi Digital Nasional “Indonesia Makin Cakap Digital” yang telah resmi diluncurkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI pada 20 Mei 2021. Peluncuran secara serentak di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten/Kota ini disambut antusias oleh seluruh Pemerintah Daerah se-Indonesia. Tak terkecuali Dinas Komunikasi dan Informatika Prov Kaltim.

“Indonesia Makin Cakap Digital, berarti kalau kita di Kaltim, Kalimantan Timur Makin Cakap Digital. Sebenarnya kita ini sudah cakap digital, tetapi kita belum makin. Makin itulah yang disebut kita bijak dengan digital,” ujar Kepala Diskominfo Kaltim, Muhammad Faisal saat ditemui usai mengikuti peluncuran program Literasi Digital secara virtual di Ruang Heart of Borneo Kantor Gubernur, Kamis (20/05/2021).

Faisal menuturkan bahwasannya masyarakat diharapkan bijak dengan digitalisasi. Dalam hal ini kaitannya dengan bagaimana mengembangkan diri melalui peran digital untuk membangkitkan ekonomi dan tidak menyebarkan hoaks.

“Mudah-mudahan kita semakin bijak dalam digital dan semakin bisa memanfaatkan digital ini untuk perkembangan perekonomian kita. Makanya, diambil momen di hari Kebangkitan Nasional supaya pemulihan ekonomi nasional ini bisa cepat melalui digital,” jelasnya.

Ajaknya, mari bersama-sama kita memanfaatkan situasi pandemi ini bukan menjadi sebuah hambatan tetapi sebuah tantangan untuk maju dengan medianya digitalisasi. (resa/pt)