Pembangunan

Kualitas SDM di Kaltim Perlu Ditingkatkan

  •   teguh p
  •   25 Mei 2021
  •   10:39am
  •   Pembangunan
  •   135 kali dilihat
  •  

SAMARINDA - Judul diatas perlu digarisbahawi, Ini kalimat yang diungkapkan Gubernur Kaltim, Isran Noor pada Pembukaan Pelatihan Pemagangan Dalam Negeri Provinsi Kalimantan Timur di Hotel Midtown Samarinda, Selasa (25/5/2021).

"Permasalahan ketenagakerjaan merupakan masalah kita semua baik pemerintah, pengusaha, pekerja dan masyarakat. Karena permasalahan ini tidak bisa ditangani oleh pemerintah semata," ungkap Isran.

Banyaknya pencari kerja yang belum memiliki kompetensi sesuai kebutuhan pasar kerja harus dicarikan solusi dengan memberikan pelatihan, baik yang dilakukan oleh Balai Latihan Kerja atau lembaga Pelatihan Kerja Swasta yang selanjutnya bisa diberikan sertifikat kompetensi.

"Kedepan seiring dengan ditetapkannya di Kalimantan Timur sebagai Ibukota Negara Baru, tentu akan banyak membutuhkan tenaga kerja yang kompetitif dan terampil. Untuk itu, semua pihak di Kaltim untuk terus fokus dalam mempersiapkan SDM yang handal dan profesional," pesan Isran.

Peran tenaga kerja sangat baik karena bisa membangun perekonomian di daerah, program pemagangan ini melibatkan perusahaan/industri dan lembaga pelatihan disemua sektor pekerjaan dan keahlian.

Narasumber pada acara ini adalah Direktur Bina Penyelenggaraan Pelatihan Vokasi dan Pemagangan Kementrian Tenaga Kerja yang diwakili oleh Kordinator Pemagangan, Subandi dan dihadiri oleh Walikota Bontang, Basrie Rase, Kadisnaker Kaltim, H. Suroto, Ketua APINDO Kaltim, Slamet Brotosiswoyo. (teguh p/pt)