Pembangunan

Investasi Penting Tumbuhkan Ekonomi Kaltim, Songsong IKN Nusantara

  •   resa septy
  •   14 April 2022
  •   9:42am
  •   Pembangunan
  •   150 kali dilihat
  •  

Samarinda - Perpindahan Ibu Kota Negara (IKN) baru Nusantara sudah di depan mata. Persiapan demi kesiapan sedari ini tengah dilakukan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur guna menyambut perpindahan IKN di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) dan Kabupaten Kutai Kartanegara hingga diberbagai daerah penyangga lainnya.

Kepala DPMTSP Kaltim, Puguh Harjanto dalam hal ini menyebutkan investasi merupakan salah satu dari sekian banyak aspek yang menjadi fokus Pemprov Kaltim dalam menyongsong perpindahan IKN Nusantara.

"Tentu investasi menjadi penting dalam struktur pertumbuhan ekonomi di Kalimantan Timur, disisi lain daripada investasi pemerintah itu sendiri. Kita juga sependapat, kita jangan hanya berharap dari APBN. Tapi bagaimana mengawal (investor) ini masuk ke Kaltim, tentunya diimbangi juga dengan kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) kita,” ujar Puguh.

Puguh yang hadir sebagai narasumber dalam dialog interaktif Halo Kaltim RRI Pro 1 Samarinda, beberapa waktu yang lalu mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan berbagai langkah koordinasi tidak hanya dengan Disnaker, Disdik, Bappeda, ataupun Litbang. Melainkan juga berkoordinasi dengan Perguruan Tinggi Kaltim.

Hal itu dilakukan agar apa yang menjadi langkah dalam mendorong peningkatan investasi sejalan dengan bagaiamana nantinya hasil atau lulusan-lulusan Kaltim yang ada memiliki kompetensi baik dan juga bisa arahkan untuk bisa berkontribusi pada penyerapan tenaga kerja, imbuhnya.

"Setiap tahun dari laporan investasi memang melakukan penyerapan tenaga kerja, pada tahun 2021 realisasi investasi kita 41,17 triliun, untuk PMDN kita masuk di peringkat 5 Nasional dan PMA nya masih di tingkat 12, ini akan kita kejar lebih baik lagi. Sedangkan penyerapan tenaga kerja pada tahun lalu (2021) sekitar 26 ribu," bebernya.

Selain itu, Ia juga menekankan bahwa infrastruktur penting sekali sebagai faktor pendukung peningkatan investasi pada suatu daerah.

"Alhamdulillah juga sangat didukung oleh DPRD Kaltim, semoga ini bisa berjalan dengan baik. Bersama-sama kita mengawal dari semua sisi, baik dari akademisi, pemerintah maupun pengusaha. Semoga kita semua bisa mengawal investasi Kaltim jauh lebih baik lagi," tutupnya. (resa/pt)