Pembangunan

Gelar Forum Perangkat Daerah, Bapenda Optimalkan PAD Menuju Kemandirian Fisikal

  •   rizki yusuf rey
  •   11 Maret 2022
  •   8:10pm
  •   Pembangunan
  •   140 kali dilihat
  •  

Samarinda - Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Prov. Kaltim menggelar Forum Perangkat Daerah Rancangan Rencana Kerja (Renja) 2023. Kegiatan tersebut berlangsung di Ballroom Mahakam Hotel Harris Jalan Untung Suropati, Jum'at(11/3).

Acara dilaksanakan secara hybrid dengan mengangkat tema "Optimalisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Untuk Menuju Kemandirian Fiskal Guna Mendukung Pembangunan Kalimantan Timur". Kegiatan tersebut dihadiri oleh sejumlah Pejabat diantaranya Plt. Sekretaris Daerah Prov. Kaltim, Riza Indra Riadi, Kepala Bappenda Kaltim Drs Ismiati, Kepala Bappeda Kaltim, HM Aswin serta OPD terkait baik secara daring/luring.

Kepala Bapenda Provinsi Kalimantan Timur, Drs. Hj. Ismiati mengatakan tema yang diangkat tersebut menggambarkan komitmen yang kuat dari Bapenda Prov. Kaltim selaku OPD yang mengkoordinasikan Pendapatan Asli Daerah (PAD) untuk menuju kemandirian fiskal guna mendukung pembangunan di Kalimantan Timur, terutamanya terkait dengan pajak daerah.

Ia menjelaskan Kegiatan Forum Perangkat Daerah (PD) merupakan rangkaian proses perencanaan pembangunan, Bapenda dengan tupoksinya melaksanakan fungsi urusan pemerintahan di bidang pendapatan yang menjadi kewenangan daerah.

Untuk itu Ismiati berharap, dengan pertemuan ini nanti pihaknya akan mendapatkan masukkan atau menampung serta mencari aspirasi masyarakat dan dunia usaha serta instansi terkait selaku pemangku kepentingan, untuk penyempurnaan rancangan kebijakan, rencana kerja badan pendapatan daerah provinsi kalimantan timur tahun 2023 yang nanti akan tersusun dengan Rancangan Kerja Bapenda Prov Kaltim 2023.

"Dengan adanya kegiatan ini akan didapatkan output yaitu penyelarasan program dan kegiatan perangkat daerah dan juga akan tercipta singkronisasi tujuan dan sasaran RKPD Pemerintah Provinsi Kaltim," harapnya.

Dapat disampaikan sebagaimana amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 86 tahun 2017 akan dilaksanakannya penandatangan berita acara forum perangkat daerah antara Bapenda dengan unsur perangkat daerah terkait.

Turut hadir Direktur Pendapatan Daerah Ditjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri Dr Hendriwan, Anggota Komisi II DPRD Provinsi Kaltim Nidya Listiyono, Plt Assisten Administrasi Umum Setdaprov Kaltim M Sa'duddin, , Kepala Bapenda Kabupaten/Kota se-Kaltim, Direktur Utama BUMD dan BLUD serta yang mewakili Tim Gubernur Untuk Pengawalan Percepatan Pembangunan (TGUP3) Kaltim. (rey/pt)