Pembangunan

DLH Prov Kaltim Gelar Puncak Hari Lingkungan Hidup Se-Dunia Sekaligus Penganugerahan Proper, Adiwiyata & Kalpataru 2020/2021

  •   resa septy
  •   29 Juni 2021
  •   11:55am
  •   Pembangunan
  •   357 kali dilihat

BALIKPAPAN – Masih dalam suasana Peringatan Hari Lingkungan Hidup Se-Dunia, kali ini Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Timur menggelar acara puncak yang dirangkai bersamaan dengan Penganugerahan Proper, Adiwiyata dan Kalpataru 2020/2021.

Acara ini dihadiri langsung oleh Gubernur Kaltim, Isran Noor didampingi Walikota Balikpapan, Rahmad Mas’ud, serta jajaran struktural DLH Prov Kaltim, Kab/Kota. Bertempat di Ruang Borneo Hotel Novotel, Jalan Brigjen Ery Suparjan No.2, Balikpapan, Selasa (29/06/2021). Diikuti secara virtual oleh Kepala Instansi, OPD lingkup provinsi, kab/kota, serta berbagai pihak perusahaan.

Kepala DLH Prov Kaltim, Ence Ahmad Rafiddin Rizal menyampaikan laporan bahwa kegiatan proper ini  dilaksanakan khususnya dengan melibatkan 255 peserta atau pelaku usaha (perusahaan).

“Namun yang membedakan dengan yang sebelumnya, kita sepakat bersama kab/kota untuk melakukan penilaian kinerja yang lebih ketat terhadap kriteria keberhasilan pengelolaan lingkungan hidup di dunia usaha,” terang Rizal sapaan akrab beliau.

Sejalan dengan hal tersebut, Rizal mengungkapkan bahwa DLH Prov Kaltim  pada tahun 2021 ini akan mengajukan Peraturan Gubernur yang terbaru kaitannya yaitu bagi pelaksanaan program proper. Dengan peraturan baru tersebut diharapkan nantinya dapat mengakomodir semua peraturan Perundang-Undangan yang up to date di bidang lingkungan hidup.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan penghargaan secara langsung oleh Gubernur Kaltim, Isran Noor kepada 36 sekolah sebagai sekolah peduli berprilaku lingkungan di wilayah Kaltim yang dalam hal ini diterima oleh DLH Prov Kaltim sebagai perwakilan dari 7 (tujuh) Kab/Kota. Serta pemberian penghargaan Kalpataru tingkat provinsi kepada 7 orang asal Kab/Kota sebagai kategori perintis lingkungan dan 5 pelaku usaha kegiatan yang dinilai memiliki kinerja sangat baik dalam melakukan pengelolaan lingkungan di wilayah kerjanya masing-masing yaitu dengan peringkat emas/gold melalui kegiatan proper provinsi Kaltim tahun 2020/2021.

“Tulak ke Balikpapan naik taksi, di tengah jalan melihat bekantan menari. Ekosistem etam harus direstorasi, biar pulih dan tetap lestari,” demikian laporan disampaikan Kepala DLH Prov Kaltim yang dibalutnya dengan sebait pantun seraya memberi semangat upaya dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup di Kalimantan Timur. (resa/pt).