Pembangunan

192 Peserta Dilatih Di BLK Samarinda

  •   teguh p
  •   20 April 2021
  •   10:32pm
  •   Pembangunan
  •   284 kali dilihat
  •  

SAMARINDA – 192 Peserta mengikuti Pelatihan Mekanik Teknisi Alat Berat dan Pelatihan Berbasis Kompetensi Angkatan IV tahun 2021. Pelatihan tersebut juga sekaligus Peresmian Workshop dan Peralatan baru BLK Samarinda, baru-baru ini.

Kepala BLK Samarinda, Andri Susila melaporkan sebanyak 12 paket diikuti dengan total 192 peserta terdiri dari Mekanik Alat Berat, Pembuatan Hiasan Busana Bordir, Penggambaran Bangunan, Mesin Produksi, Plate walder, Perawatan AC, Teknisi telpon seluler, Pemasangan Instalasi Listrik, Pemeliharaan kendaraan, Mesin CNC, Service sepeda motor injeksi dan Waiters.

Keberadaan Balai Latihan Kerja (BLK) Samarinda menjadi semakin berarti dengan adanya mitra. Mitra tersebut baik dari instansi maupun dunia industri yang memiliki komitmen sama untuk meningkatkan kompetensi tenaga kerja untuk mewujudkan sumber daya manusia unggul di wilayah Kalimantan Timur.

"Dalam rangka memperkenalkan program pelatihan baru di BLK Samarinda yaitu Barista, yang telah menyelesaikan angkatan I (pertama) pada tanggal 25 Maret 2021 lalu, maka pada kesempatan ini akan diadakan kompetisi Barista yang akan diikuti 24 peserta," ungkap Andri Susila.

Forum Komunikasi Lembaga Pelatihan dan Industri (FKLPI) yang diketuai Josh Sayoko periode 2021 - 2024 sudah melakukan perjanjian kerja sama dengan beberapa instansi dan perusahaan antara lain Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas II A Tenggarong, PT. Trinity Auto, PT. Baramulti Sukses Sarana, PT. Al teknologi Bahtera Prayata, PT. Sumber Tata Ciptakan Teknologi, RT Group, PT. Indonesia Prima Equipment, PT. Bara Tabang, PT. Bintang Alam Rejeki dan PT. Sulung Teknik Sejahtera, jelasnya.

Lanjut diterangkan pada kesempatan ini juga diresmikan gedung dan peralatan baru BLK Samarinda, yaitu Workshop sepeda motor yang terdiri dari ruang praktek untuk 12 kendaraan, 2 ruang simulasi kecelakaan, ruang simulasi computer. Kemudian,  Workshop Inspirasi terdiri dari  ruang rapat, ruang kesehatan, ruang perpustakaan serta alat berat 2 excavator, 1 forklift dan 1 dozer.

“Mewujudkan SDM yang unggul melalui vokasi yang ada di BLK Samarinda, tidak dapat dilaksanakan tanpa dukungan dari berbagai pihak. Koordinasi, komunikasi dan juga kerjasama tetap perlu dilakukan secara intens dari seluruh pemangku kepentingan baik Provinsi, Kota dan Kabupaten beserta jajarannya," tutupnya.

Acara ini dihadiri oleh Dirjen Pembinaan dan Produktivitas Kementrian Tenaga Kerja RI, Budi Hartawan, Kepala Kemenkumham Kaltim, Sofyan dan Kadis Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kaltim, Suroto. (teguh p/pt)