Pelatihan

Talenta Unggul Digital Harus Bisa Mencitrakan Diri

  •   Sefty Wulandari
  •   14 Desember 2022
  •   6:26pm
  •   Pelatihan
  •   635 kali dilihat

Talenta Unggul Digital Harus Bisa Mencitrakan Diri

Samarinda – Puluhan alumni peserta Vocational School Graduation Academy (VSGA) Digital Talent Scholarship KOMINFO kembali asah kompetensi diri. Sebanyak 60 orang generasi muda Kalimantan Timur (Kaltim) ini mengikuti pelatihan Soft Skill Personal Branding dan Public Speaking selama dua hari yakni pada 14-15 Desember 2022.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas lulusan VSGA DTS KOMINFO khususnya di wilayah Kaltim, yang diharapkan mampu membangun image atau citra diri lewat metode personal branding dan public speaking” tutur Rachma Ainun, PIC VSGA PBPS BPSDM Banjarmasin.

Selaras dengan hal tersebut, kegiatan ini juga dalam rangka persiapan terjun ke dunia pekerjaan profesional nantinya. Pelatihan ini menghadirkan 2 (dua) trainer yang ahli dibidangnya yakni Akademisi Universitas Mulawarman Samarinda, Rina Juwita dan Praktisi TVRI Kaltim sekaligus Mentor Public Speaking, I Made Kertayasa.

Adapun peserta pelatihan yang merupakan alumni VSGA berasal dari banyak skema mulai dari Media Relation Officer, Data Management, Junior Design Graphic dan Video Creator. Oleh sebab itu, citra diri menjadi penting terlebih citra adalah cara individu untuk memproyeksikan diri kepada orang lain.

“Diri kita yang menentukan kita mau dipandang seperti apa oleh orang lain, kita mau dilihat bagaimana oleh publik, baik itu kepada masyarakat secara general maupun target-target tertentu seperti klien,” jelas Rina saat menyampaikan materi pada pelatihan yang dilaksanakan di Hotel IBIS Samarinda tersebut, Rabu (14/12/2022).

Koordinator Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP Unmul itu pun menambahkan, dengan menguasai cara mem-branding diri maka kita dapat membangun kredibilitas, mengembangkan kepercayaan diri hingga memancarkan diri kita. Era digital saat ini, memberikan ruang untuk tiap individu dapat menonjolkan kelebihan dan identitas dirinya.

“Membangun personal branding di era digital pada merupakan hal yang sangat penting, dengan metode menggali lebih jauh tentang pribadi kita, menentukan arah pembentukan image diri yang ingin terlihat di mata orang lain, menjaga konsistensi dan yang paling terpenting adalah memperluas relasi yang akan mempengaruhi setiap hal yang akan kita lakukan, baik dalam kehidupan sosial sehari-hari maupun dalam lingkungan pekerjaan profesional di masa mendatang,” terangnya. 

Ady, salah satu peserta pun mengaku antusias dengan adanya pelatihan ini. Baginya, melalui pelatihan ini ia dapat meningkatkan kapasitas dirinya untuk dapat memaksimalkan citra diri yang dirinya inginkan.

“Dari pelatihan menurut saya merupakan step selanjutnya dari pelatihan yang sebelumnya yaitu Media Relations Officer untuk melatih public speaking sekaligus membangun personal branding saya dengan baik agar dapat menjadikan citra yg baik pula bagi saya kepada khalayak di kehidupan nyata maupun di sosial media,” ungkap lulusan Program Studi Manajemen FEB Unmul ini.

Diketahui, sepanjang tahun 2022 Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Banjarmasin secara aktif telah melaksanakan berbagai kegiatan pelatihan melalui Digital Talent Scholarship (DTS) di wilayah Kalimantan. Berbagai skema pelatihan yang diberikan tentunya untuk melatih talenta-talenta muda agar dapat cakap digital dan berdaya saing unggul. (sw/pt)