Pelatihan

Serbuan Pelatihan Kominfo Untuk Masyarakat Samarinda & Kukar, Jangan Terlewatkan!

  •   resa septy
  •   18 Januari 2022
  •   7:08am
  •   Pelatihan
  •   183 kali dilihat
  •  

Samarinda - Upaya mempercepat transformasi digital tengah gencar dilakukan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) melalui Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BPSDMP Kominfo) Banjarmasin.

Serbuan pelatihan dengan berbagai tema dalam program Digital Talent Scholarship ini disuguhkan untuk masyarakat di wilayah kerjanya pada 3 (tiga) Provinsi yaitu Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah.

Kepala BPSDMP Kominfo Banjarmasin, Abdul Rahman Harahap mengatakan pada tahun 2022 ini, target peserta pelatihan di Kaltim tepatnya pada Kabupaten/Kota yang terpilih yakni Kota Samarinda dan Kabupaten Kutai Kartanegara ialah sebanyak 5.902 orang peserta.

“Kami sudah punya program kerja untuk Kaltim khususnya Kota Samarinda dan Kabupaten Kutai Kartanegara. Khusus di Kota Samarinda itu 4.852 peserta pelatihan dari berbagai tema. Kemudian Kabupaten Kutai Kartanegara sekitar 1.050 peserta pelatihan,” beber Abdul saat dikonfirmasi pada sesi Coffee Break Pelatihan Pengenalan TIK di Hotel Ibis Samarinda, Senin (17/1).

Semua lapisan masyarakat diungkapkannya dapat mengikuti kegiatan yang dilaksanakan oleh BPSDMP Kominfo Banjarmasin ini. Baik itu ASN maupun Non ASN, Pelaku Usaha UMKM, Pelajar atau bahkan para pemuda yang berkeinginan untuk maju dan mau belajar. Dengan dua metode pelatihan yaitu melalui daring (virtual) dan offline.

“Saat ini kita sedang mengupayakan bagaimana kita bertransformasi dari konvensional ke digital. Kami pun akan terus menginformasikan pelatihan ini baik melalui Dinas Kominfo Provinsi, Dinas Kominfo Kabupaten/Kota dan grup-grup yang sudah dibuat di dalam pelatihan, akan kami informasikan terus,” sambungnya menerangkan.

Adapun tema pelatihan yang dapat diikuti diantaranya yaitu Digital Entrepreneurship Academy, Vocational School Graduate Academy, Fresh Graduate Academy, Thematic Academy, Professional Academy, Government Transformation Academy, dan Talent Scouting Academy.

Diketahui, semua program bisa diikuti dan dipilih sesuai kebutuhan. Biaya pelatihannya gratis ditanggung oleh Kominfo pusat, sedangkan dari Pemerintah daerah hanya menyediakan tempat dan orang yang bersedia mengikuti pelatihan. Informasi pendaftaran akan diberikan secara berkala, peserta yang berminat dapat memantau informasi tersebut pada sosial media BPSDMP Kominfo Banjarmasin baik melalui Instagram ataupun Facebook. (resa/pt)