Pelatihan

Pelatihan Aplikasi SIDA di Lingkungan Dinas Kominfo Prov Kaltim

  •   hendra saputra
  •   17 Februari 2022
  •   2:20pm
  •   Pelatihan
  •   171 kali dilihat
  •  

Samarinda – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Prov.Kaltim melaksanakan Pelatihan Aplikasi SIDA (Sistem Informasi Digital Adminstarsi). Pelatihan dengan judul Aplikasi Tata Naskah Resmi Kedinasan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur di ruang Laboratarium Komputer Diskominfo Prov. Kaltim pada hari Kamis (17/2).

Acara tersebut dibuka oleh Kepala Bidang Aplikasi Informatika Diskominfo Prov. Kaltim Dra. Normalina, M.Si dan dihadiri Kepala Dinas kominfo Prov. Kaltim H. Muhammad Faisal, S.sos., M.Si, Sekretaris Diskominfo Drs. Edi Hermawanto Noor, MS.i, Fery, S.Kom, M.Si, Selaku Instruktur Pelatihan dan Para Peserta Tenaga kontrak Baru di lingkungan Dinas Kominfo Prov. Kaltim.

Pada kesempatan acara tersebut Normalina juga menyampaikan dengan menggunakan Aplikasi SIDA ini melaksanakan peredaran surat mulai masuk dimulai dari Bidang TU (Tata Usaha) untuk dilanjutkan kebidang-bidang lain hingga ke Kepala Dinas, sehingga bidang lain tanpa menerima fisik semua dokumen ada di dalam Aplikasi SIDA dimanapun kita berada jadi tidak surat lagi yang berjalan hanya menggunakan SIDA saja, ungkapnya.

Fery sebagai Instruktur pelatihan Aplikasi SIDA menyampaikan dalam kegiatan pelatihan ini membahas mengenai SIDA (Sistem Informasi Digital Administrasi) e-office versi 3.0 Adalah bentuk implementasi SPBE yang dapat merubah sistem administrasi tata naskah dinas konvensional menjadi digital.

Diterangkan Aplikasi ini adalah penyempurnaan aplikasi e-office versi 2.3 yang dikembangkan secara mandiri oleh Diskominfo Provinsi Kaltim sejak tahun 2018. SIDA sudah menerapkan penggunaan Tandatangan Elektronik (TTE) dengan menggunakan layanan penerbitan Sertifikat Elektronik dari Badan Siber dan Sandi Negara – Balai Sertifikasi Elektronik (BsRE BSSN RI). SIDA akan digunakan pada semua Perangkat Daerah Provinsi Kaltim, sehingga koordinasi surat-menyurat baik internal maupun eksternal di lingkup Pemprov. Kaltim sudah terintegrasi dalam satu sistem digital.

Diakhir acara kegiatan pelatihan aplikasi SIDA tersebut ditutup oleh Fery sebagai Instruktur Pelatihan. (hend/pt)