Pelatihan

Lindungi Data Pribadi Di Ruang Digital

  •   Ade Putri
  •   17 Januari 2022
  •   3:32pm
  •   Pelatihan
  •   168 kali dilihat
  •  

Samarinda - Perkembangan sistem informasi yang sedemikian pesatnya telah membawa dunia memasuki era baru yang lebih cepat dari yang pernah dibayangkan sebelumnya.

Laju perkembangan sistem informasi saat ini mempengaruhi hampir semua kegiatan manusia, mulai dari kegiatan bekerja, bisnis hingga kegiatan sehari-hari manusia bahkan membutuhkan teknologi sebagai sumber informasi.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Relawan TIK Kaltim, Surya Fajar Saputra yang berkesempatan menjadi narasumber pada Pelatihan Pengenalan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) 2022 bagi Wanita/Ibu Rumah Tangga, Anak Sekolah dan Disabilitas, di Hotel Ibis Samarinda, Senin (17/1).

“Di era digitalisasi saat ini, masyarakat tentu banyak yang akrab dengan berbagai macam aplikasi-aplikasi maupun website-website di internet,” ucapnya.

Namun, masih banyak juga masyarakat yang belum terlalu paham tentang pentingnya menjaga keamanan di ruang digital.

“Melindungi data pribadi di ruang digital menjadi hal penting agar tidak disalahgunakan oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab,” pungkasnya.

Untuk itu, Surya menjelaskan cara menjaga keamanan diruang digital dengan memproteksi perangkat digital, serta menjaga keamanan data pribadi dengan tidak sembarang memberikan data tersebut, imbaunya.

Dia juga mengingatkan kepada para peserta agar tidak lupa log out aplikasi, karena khawatir disalahgunakan pihak tak bertanggungjawab. (ade/pt)