Pelatihan

Dorong Pertumbuhan Ekonomi Daerah, BI Gelar Capacity Building Export Kaltimpreneurs Bagi UMKM

  •   Rizky Kurniawan
  •   9 Agustus 2023
  •   2:50pm
  •   Pelatihan
  •   444 kali dilihat

Samarinda - Dalam upaya mendorong pertumbuhan ekonomi daerah, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Timur menggelar Capacity Building Kelas Eksportir Pemula Program Export Kaltimpreneurs Tahun 2023 bagi UMKM bertempat di Hotel Midtown Samarinda, Rabu (9/8).

Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kaltim, Hendik Sudaryanto mengatakan Export Kaltimpreneurs merupakan program edukasi, pelatihan dan pendampingan secara komprehensif kepada UMKM yang memiliki potensi ekspor di Kaltim untuk dapat meningkatkan kapasitas, kualitas dan kuantitas UMKM dalam melaksanakan ekspor.

"Hal ini terus kami lakukan, mengingat UMKM merupakan pilar terpenting dalam perekonomian," ucap Hendik saat membuka kegiatan.

Lanjutnya, ia mengungkapkan Bank Indonesia Provinsi Kaltim secara aktif telah melakukan berbagai upaya pengembangan UMKM dalam rangka mendukung pemerintah untuk pemulihan ekonomi nasional.

"UMKM diberikan pelatihan dan pendampingan agar dapat meningkatkan daya saing perdagangan luar negeri dan diharapkan dapat berkontribusi pada perbaikan neraca transaksi berjalan, pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan, serta mendukung pelaksanaan tugas Bank Indonesia," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Industri DPPKUKM Kaltim, Ronny Suhendra mengatakan sebagai wujud usaha pemerintah Provinsi Kaltim melalui DPPKUKM dalam mendukung Kaltim lebih sejahtera untuk membantu para pelaku UMKM dalam meningkatkan hasil-hasil usaha mereka.

"Kegiatan ini tepat sekali, karena Bank Indonesia telah melaksanakan kelas capacity building ekspor bagi para pemula dan UMKM inilah yang diharapkan bisa memberikan komoditi untuk Kaltim,"

Untuk diketahui, dari hasil verifikasi lapangan untuk assessment kelayakan usaha UMKM terpilih sebanyak 17 UMKM yang lolos ke tahapan pelatihan yang hadir hari ini. (Rzk/ty)