Pancasila

Isran : Kokohkan Nilai-Nilai Pancasila Wujudkan Indonesia Maju

  •   prabawati
  •   1 Juni 2023
  •   11:03am
  •   Pancasila
  •   794 kali dilihat

Samarinda - Gubernur Keltim H Isran Noor memimpin upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2023, yang digelar di halaman Kantor Gubernur Kaltim, Kamis (1/6).

Dalam upacara kali ini Gubernur Isran terlihat mengenakan stelan kemeja putih dibalut jas hitam dan dasi berwarna merah dan peci.

Isran mengatakan Pancasila bukan hanya mempersatukan kita semua, tetapi sudah jadi penuntun ketika bangsa Indonesia menghadapi berbagai tantangan dan ujian.

"Saya mengajak seluruh anak bangsa di manapun berada, khususnya di Kaltim untuk bersama-sama membumikan Pancasila dan mengaktualisasikan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,"ajak orang nomer satu di Benua Etam.

Menurutnya, sejarah bangsa telah membuktikan atas petunjuk Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa dengan Pancasila, bangsa dan negara kita tetap berdiri kokoh dari berbagai gangguan dan rong-rongan yang ingin mengubah Pancasila dengan ideologi lain.

Karena itu, menjadi kewajiban semua masyarakat untuk mengamalkan Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Kepada jajaran birokrasi harus mengimplementasikan Pancasila dalam tata kelola pemerintahan, sehingga menjiwai interaksi antarsesama anak bangsa, sebagai bentuk rasa syukur atas apa yang telah ditinggalkan para pendahulu.

Dalam kesempatan ini, saya juga mengajak seluruh pemimpin bangsa terutama para pejabat pemerintahan, tokoh agama, tokoh masyarakat, pendidik, pemimpin partai politik, pemimpin dan tokoh Ormas dan pemimpin lainnya menjadi teladan serta contoh dalam aktualisasi nilai-nilai Pancasila.

"Mari kita bergerak dan aktif untuk selalu memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia maju, sebagai cita-cita Proklamasi Kemerdekaan,"ungkap Isran.

Tampak hadir pada upacara tersbut Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi, Sekretaris Daerah Kaltim Sri Wahyuni, Kepala Perangkat Daerah, Kapolresta Samarinda, Korem maupun Pimpinan Vertikal maupun. (Prb/ty)