Pancasila

Diddy: Mempertahan Ideologi Pancasila Kewajiban Bangsa Indonesia

  •   prabawati
  •   1 Oktober 2022
  •   10:28am
  •   Pancasila
  •   23474 kali dilihat

Samarinda - Mempertahankan Pancasila sebagai ideologi sekaligus falsafah hidup merupakan kewajiban seluruh bangsa Indonesia sebagai negara yang merdeka dan berdaulat.

"Kita wajib mempertahankan ideologi Pancasila guna menjaga bangsa dan negara Indonesia dari pengaruh yang akan memecah belah persatuan dan kesatuan,"pinta Staf Ahli Bidang Reformasi Birokrasi dan Keuangan Daerah Provinsi Kaltim, Diddy Rusdiansyah usai memimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, di Halaman Kantor Gubernur Kaltim. Sabtu (1/10).

Menurut Diddy, pancasila merupakan sebuah ideologi, tidak semua negara sudah memiliki ideologi yang membaku seperti sekarang ini yang mengakomodir semua kepentingan termasuk agama, suku dan lainnya.

Pancasila inilah yang menjadi rujukan bersama untuk menilai bagaimana pelaksanaan tata Pemerintahan.

Sambungnya, Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara Republik Indonesia, adalah pondasi untuk membangun bangsa sehingga sangat perlu dihayati dan dijunjung tinggi oleh setiap warga negara.

Hal itu sangat penting untuk diperhatikan sebab di kemajuan teknologi sangat cepat memasuki ruang-ruang pribadi setiap manusia, mengakibatkan informasi apapun sangat mudah diperoleh termasuk yang negatif antara lain, ajaran radikalisme dan ideologi-ideologi baru yang tidak sesuai dengan jati diri bangsa.

"Ancaman saat ini tidak berbentuk fisik, teknologi merupakan satu ancaman, masuknya ancaman ini yang tidak terlihat, makanya kita harus menjaganya dengan baik,"tutur Diddy. (Prb/ty)