Pancasila

Agum Gumelar Lantik Sri Wahyuni sebagai Ketua DPD IKAL LEMHANAS Kalimantan Timur

  •   Teguh Prasetyo
  •   8 Agustus 2023
  •   5:16am
  •   Pancasila
  •   1552 kali dilihat

Samarinda - Jenderal TNI (Purn) Agum Gumelar, Ketua Umum DPP IKAL-Lemhannas RI, telah melantik Pengurus Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Ikatan Keluarga Alumni (IKAL) - Lembaga Ketahanan Nasional (LEMHANAS) Provinsi Kalimantan Timur untuk periode 2023 - 2028 di Odah Etam, pada Senin (7/8/2023).

“Selamat kepada Bu Sri dan kawan-kawan DPD IKAL LEMHANAS Kalimantan Timur atas pengukuhan ini. Saya mohon terima ini sebagai bentuk kepercayaan dan kehormatan," ungkap Agum Gumelar dengan khidmat.

LEMHANAS, singkatan dari Lembaga Ketahanan Nasional, merupakan Lembaga Pemerintah Non Kementerian Indonesia yang bertugas melaksanakan tugas pemerintahan di bidang pendidikan pimpinan tingkat nasional, pengkajian strategik ketahanan nasional, dan pemantapan nilai-nilai kebangsaan.

“Saya berharap kepada semua pengurus agar tidak mengecewakan kepercayaan dan kehormatan ini, itulah yang saya harapkan dari DPD terpilih," tambahnya.

Adapun tugas LEMHANAS sendiri adalah menyelenggarakan pemantapan nilai-nilai kebangsaan guna meningkatkan dan memantapkan wawasan kebangsaan dalam rangka membangun karakter bangsa.

"Saya ingin mengingatkan kembali bahwa tugas IKAL, baik di pusat maupun daerah, selalu saya tekankan pada satu keyakinan, yaitu yakin di negeri tercinta ini tidak akan pernah ada seorang pemimpin yang menginginkan rakyatnya sengsara," tambah Agum Gumelar.

Berwatak pejuang dan berwawasan negarawan merupakan jati diri IKAL LEMHANAS.

IKAL Lemhannas merupakan sebuah organisasi yang menghimpun seluruh alumni peserta pendidikan dari berbagai jenjang yang diselenggarakan oleh Lemhannas RI.

Saat ini, IKAL Lemhanas memiliki puluhan ribu anggota tersebar di seluruh daerah. Anggota IKAL Lemhannas berasal dari berbagai latar belakang profesi serta menduduki jabatan strategis baik di swasta maupun pemerintahan.

Oleh karena itu, Agum berharap setiap permasalahan yang muncul dianalisis secara mendalam kemudian disampaikan kepada pemerintah.

“Seni dalam mencari solusi penyelesaian permasalahan di daerah, di sinilah tugas IKAL Daerah. Saya senang mendengar sambutan dari Bu Sri yang merencanakan komunikasi kepada seluruh komponen masyarakat termasuk dengan kampus, itu bagus sekali,” jelas Agum dengan bangga.

Hadir pada kegiatan ini Gubernur Kaltim Irsan Noor, Ketua DPRD Kaltim Hasanuddin Mas’ud, Marsdya TNI (Purn) Daryatmo Sekjen DPP IKAL LEMHANAS, Awang Faroek Ishak, dan Hetifah Sjaifudian. (tp/pt)