Pameran

Stan Dekranasda Kaltim Raup 15 Juta Dihari Pertama INACRAFT 2022

  •   Teguh Prasetyo
  •   24 Maret 2022
  •   11:11am
  •   Pameran
  •   186 kali dilihat
  •  

Jakarta - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kaltimantan Timur ikuti ajang terbesar di Asia Tenggara The 22nd Jakarta International Handicraft Trade Fair (INACRAFT) 2022 di JCC Senayan, Jakarta.

Dibuka langsung oleh Presiden RI Joko Widodo, setelah 2 (dua) tahun pameran dilakukan secara online akibat pandemi Covid-19, akhirnya tahun 2022 dapat diselenggarakan hybrid namun dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Mengangkat tema From Smart Village to Global Market INACRAFT 2022, berlangsung dari 23 hingga 27 Maret 2022.

Presiden Joko Widodo menyampaikan apresiasi atas diselenggarakan kembali INACRAFT 2022. Ia berpesan kepada masyarakat agar selalu mencintai produk dalam negeri.

"Keikutsertaan Dekranasda Kaltim pada ajang INACRAFT tahun ini menjadi ruang bagi pelaku ekonomi kreatif, dengan memamerkan dan memasarkan produk andalan kami," ungkap Renny Ariani selaku Wakil Sekretaris Dekranasda Kaltim.

Dekranasda Kaltim mengajak 2 (dua) perajin Manika Kaltim dan Pokant Taqa'. Adapun aneka kerajinan yang dipamerkan antara lain aksesoris manik, Tas tangan anyaman rotan dengan kombinasi manik dan doyo dan aneka sulam dan bordir serta yang menjadi andalan adalah kain Tenun Sarung Samarinda, Tenun Badong Tancep, Tenun Doyo dan Sulam Tumpar,  ucapnya menambahkan.

“Kegembiraanya saat hari pertama gelaran ini dibuka, tampak antusias pengunjung yang datang ke stan Dekranasda Kaltim sungguh luar biasa dan diluar dugaan. Kami mencatatkan transaksi dalam sehari mencapai 15 Juta Rupiah," bebernya menuturkan.

Diketahui, Pameran kerajinan berskala Internasional ini diikuti oleh 722 peserta yang terdiri dari 510 individu, 169 binaan dinas, 43 BUMN dan 150 merchant stores untuk kegiatan daring. (tp/pt)