Pameran

Rapat Persiapan Pameran EXPO 2023, Menyuarakan Keberhasilan Pembangunan Isran Hadi Selama Lima Tahun

  •   Rizky Yusuf
  •   3 Agustus 2023
  •   6:54pm
  •   Pameran
  •   686 kali dilihat

Samarinda - Untuk menghadirkan kesuksesan dalam acara tahunan Kaltim Expo 2023, Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur bersama Event Organizer telah mengadakan rapat persiapan seksi pameran/expo sebagai bagian dari rangkaian kegiatan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan RI Tahun 2023.

Acara ini dijadwalkan berlangsung mulai dari tanggal 18 hingga 22 Agustus 2023 di Convention Hall komplek Gor Kadrie Oening Sempaja, dengan penyelenggaraan di dalam ruangan maupun di luar ruangan.

Dalam rapat tersebut, turut hadir Dinas Pariwisata Provinsi Kaltim, DPMPTSP Kaltim, Diskominfo Kaltim, serta perangkat daerah terkait bersama Event Organizer ADW Bersaudara.

Kepala Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Dispar Prov. Kaltim, Restiawan Baihaqi, menyampaikan bahwa Kaltim Expo tahun 2023 akan diadakan dengan meriah. Melalui Expo ini, Pemerintah Provinsi Kaltim juga bermaksud untuk memperlihatkan kepada masyarakat bukti dari keberhasilan pembangunan di bawah kepemimpinan Gubernur Kaltim, Isran Noor dan Wakil Gubernur Kaltim, H. Hadi Mulyadi, selama lima tahun masa jabatan mereka dari tahun 2018 hingga 2023.

Baihaqi berharap Expo Kaltim 2023 akan menjadi panggung bagi Perangkat Daerah (PD) di tingkat provinsi serta mitra swasta dan sektor lainnya untuk menyampaikan hasil pembangunan yang telah dicapai selama lima tahun kepemimpinan.

Seksi pameran juga telah menyiapkan berbagai skenario untuk menampilkan hasil pembangunan yang akan dipresentasikan dalam acara tersebut dengan tujuan memberikan informasi kepada masyarakat tentang pencapaian Pemerintah Provinsi Kaltim selama ini.

Expo Kaltim 2023 akan terdiri dari dua bagian, yaitu Indoor dan Outdoor. Pada bagian Indoor, akan diisi oleh peserta dari OPD dan mitra mereka, sedangkan di bagian Outdoor, UMKM akan turut berpartisipasi dengan disiapkan sekitar 60 stand.

Selain itu, pihak penyelenggara juga sedang merencanakan untuk menghadirkan artis band ibu kota, Tipe-X, untuk memberikan hiburan dalam acara tersebut, namun rencana ini masih dalam tahap perencanaan.

Baihaqi menyatakan bahwa setelah pandemi berubah menjadi endemi, semua kegiatan yang melibatkan banyak massa sudah mulai dapat dilaksanakan oleh masyarakat, termasuk penyelenggaraan Expo.

Oleh karena itu, tahun ini diharapkan Expo Kaltim tidak hanya menjadi expo biasa, melainkan dapat memberikan dampak positif bagi peningkatan perekonomian Kaltim, terutama bagi UMKM.

"Tahun ini, Provinsi Kalimantan Timur telah banyak melakukan berbagai hal untuk masyarakat, terutama sebagai penyangga Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara," tutup Restiawan Baihaqi. (rey/pt)