Pameran

Rangkaian Acara Menarik Semarakkan Kaltim Exhibition 2023

  •   Khajjar Rohmah
  •   23 Juni 2023
  •   2:20am
  •   Pameran
  •   632 kali dilihat

Jakarta - Selama tiga hari berturut-turut, Kaltim Exhibition akan diramaikan oleh serangkaian acara menarik. Pameran seni dan budaya ini tengah berlangsung mulai Jumat hingga Minggu, 23-25 Juni 2023 .

Kepala Badan Penghubung (Banhub) Provinsi Kaltim, Raihan Fida Nuzband selaku panitia penyelenggara menjelaskan, berbagai  rangkaian acara menarik telah dipersiapkan untuk mengisi agenda yang berlangsung di Sarinah Mall Jakarta ini. 

Pada hari pertama, Jumat (23/6) acara dimulai dengan seremoni pembukaan yang dibuka oleh Sekda Kaltim, Sri Wahyuni. Acara ini dimeriahkan oleh berbagai penampilan seni budaya, antara lain petikan alat musik Sape khas Dayak yang dimainkan oleh seniman lokal Alif Fakod, penampilan lagu Tingkilan Kreasi, tari Jepen dari Kutai Kartanegara, tari leway Hemut dari Kutai Timur, serta fashion show rancangan desainer asal Samarinda.

Dilanjutkan pada hari kedua, Sabtu (24/6) penampilan tari daerah juga akan meramaikan Kaltim Exhibition 2023. Para penari lokal dari kabupaten/kota di Kaltim akan menampilkan penampilan terbaik yang siap menghibur warga ibu kota Jakarta.

Beberapa penampilan tari tersebut antara lain tari Jepen Belang Hatta, tari Pesisir dari Berau, tari Datun Bangen Tawai dari Kutai Kartanegara, tari Ronggeng dari Paser, dan tari Jepen Kreasi dari Penajam Paser Utara. Penampilan ini dapat disaksikan langsung di Anjungan Sarinah, tempat ikonik di Jakarta yang biasa menampilkan pertunjukan musik jalanan untuk warga kota.

"Selain itu, juga akan ada tampilan Hudoq, atraksi olahraga tradisional, dan live tato motif Dayak," ujar Raihan Fida Nuzband Kepala Banhub Kaltim saat momen pembukaan Kaltim Exhibition 2023 pada Jumat (23/6) malam.

Sementara itu pada hari terakhir, Minggu (25/6) pagi, rangkaian acara akan diisi dengan flashmob Jepen Kreasi dan Car Free Day (CFD) di sekitar Mall Sarinah.

Selama penyelenggaraan Kaltim Exhibition, terdapat juga booth pameran UMKM yang menampilkan produk unggulan daerah. Produk-produk tersebut meliputi kerajinan tangan (kriya), kuliner, dan wastra khas Kaltim. (KRV/pt)