Pameran

Pembukaan KIMFest 2023 di Surabaya: Memperkuat Peran Komunitas Informasi Masyarakat dalam Era Digital

  •   Hendra Saputra
  •   27 Oktober 2023
  •   2:43pm
  •   Pameran
  •   581 kali dilihat

Surabaya - Festival Komunitas Informasi Masyarakat (KIMFest) Tahun 2023 resmi dibuka di Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur, sebagai bentuk penghargaan kepada mitra strategis pemerintah, yakni Komunitas Informasi Masyarakat (KIM). Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, melalui Direktorat Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik, menjadi penyelenggara acara yang melibatkan perwakilan KIM dari 14 Provinsi, termasuk KIM Muara Pelangi dari Kaltim yang mewakili kecamatan Muara Muntai dan KIM Muara Badak.

Acara pembukaan KIMFest 2023 digelar di Balai Pemuda Surabaya, Jl. Gubernur Suryo No.15,Jumat (27/10/2023). Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Kominfo, Usman Kansong, membuka acara yang dihadiri oleh Walikota Surabaya, Eri Cahyadi, Sekda Provinsi Jatim, Adhy Karyono, dan Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik, Hasyim Gautama. Turut hadir juga Kadis Diskominfo Kaltim, Muhammad Faisal, Kabid IKP dan Kehumasan Diskominfo Kaltim, Irene Yuriantini, Ketua KIM Kukar, Ahmad alias Daeng Lompo dan Ketua KIM Muara Pelangi, Wahyudi Nur.

Usman Kansong, dalam sambutannya, menyoroti dua tantangan di era teknologi digital. Teknologi, sementara mempermudah kehidupan. Ia mencatat peran penting KIM dalam menyampaikan informasi benar kepada masyarakat dengan bahasa yang mudah dipahami. Keberadaan KIM sebagai komunitas memberikan nilai kesetaraan, di mana diskusi menjadi wadah utama.

Menyoroti dampak positif teknologi, KIM diingatkan untuk fokus pada penyampaian informasi krusial seperti penanggulangan kemiskinan ekstrim dan stunting. Komunikasi, sebagai pilar kedua pemerintahan, menjadi instrumen untuk mengubah cara berpikir masyarakat. KIM diharapkan dapat membimbing masyarakat, misalnya, mengajarkan bahwa protein tidak hanya berasal dari daging sapi, tetapi juga dapat diperoleh dari sumber yang lebih terjangkau, seperti ikan lele.

Usman Kansong menekankan tanggung jawab KIM dalam menyampaikan informasi yang benar dan akurat di tengah kemudahan dan kompleksitas teknologi. (hend/pt)